Rudi Nazar Pemuda yang suka Adventure dan Traveling dengan kendaraan Roda Dua, mempunyai mimpi untuk terus explore tanpa batas dan berbagi momen melalui tulisan dan konten di Blog ini.

Menikmati Indahnya Taman Nasional Alas Purwo Banyuwangi

2 min read

Masih seputar sharing mengenai Banyuwangi, dan pada kali ini saya mengunjungi Hutan Taman Nasional Alas Purwo Banyuwangi, perlu kalian ketahui bahwa Alas Purwo merupakan hutan yang terletak dipulau ujung jawa, terkenal dengan mistisnya dari dulu hingga saat ini, sampai banyak yang menjuluki bahwa alas purwo merupakan hutan terangker sepulau jawa.

Walaupun demikian alas purwo saat ini sudah dikelola dengan baik oleh pemerintah setempat menjadikan banyak pengunjung yang datang kesini untuk berwisata dan melihat kehidupan langsung hewan atau tumbuhan yang ada disini, tidak hanya itu terdapat pula savana dan juga pantai yang luar biasa indah di Alas Purwo.

Jalan-jalan Menikmati Indahnya Alas Purwo

Saya pergi ke alas purwo berdua dengan seorang kawan penduduk asli banyuwangi yakni mas Dio, dia pernah lama kerja di Karawang dan sama-sama memiliki vespa juga, kami berangkat dari rumah dia di daerah Muncar, dan menempuh waktu sekitar 1 setengah jam menuju alas purwo.

harga tiket masuk alas purwo

Tiba digerbang pintu masuk kami diwajibkan untuk membeli tiket masuk terlebih dahulu seharga Rp7.500,- perorang dan kendaraan Rp5000,-

Setelah itu ada beberapa destinasi yang dapat kita kunjungi di Alas Purwo, adapun destinasi wisata yang saya kunjungi selama di alas purwo yaitu.

Savana Sadengan

Savana sadengan merupakan destinasi wisata yang berada di alas purwo yang wajib pertama kamu kunjungi, karena disini kamu bisa melihat langsung binatang liar dihabitat aslinya, tersedia pula menara pandang yang cukup tinggi mempunyai 3 lantai, disini kamu bisa melihat dari atas langsung dan melihat hewan-hewan sedang berkeliaran bebas.

Terdapat juga penginapan di areal ini yang diperuntukan bagi mereka yang mau meneliti binatang di Alas Purwo, tidak hanya itu terdapat pula tulang kepala binatang atau kerbau yang disimpan rapi di ruangan yang berada diareal savana sadengan.

Pantai Triangulasi

Setelah puas menikmati Savana Sadengan selanjutnya kamu bisa meluncur ke pantai triangulasi, tidak jauh dari savana sadengan, menempuh waktu sekitar 10 menit saja.

Pantai Triangulasi memiliki pasir putih dan juga pemandangan yang sangat indah, ditambah pada saat saya kesini suasana sangat sepi sekali hanya kami berdua, rasanya seperti private pantai hanya milik kami berdua yang lain ngontrak :v 😀

Tapi saya serius pantai ini belum terlalu ramai dikunjungi wisatawan sehingga masih sangat terasa alami dan juga bersih tidak banyak sampah berserakan, pada saat sore hari barulah banyak bermunculan orang-orang yang juga akan menikmati sunset di pantai ini.

Pantai Pancur

Pantai pancur merupakan destinasi wisata yang paling banyak dikunjungi oleh wisatawan, mungkin karena fasilitas wisata disini lebih banyak dibandingan dengan pantai triangulasi, disini kau akan menemukan fasilitas seperti kantin, toilet, dan juga mushola.

Banyak wisatawan yang mengunjungi pantai ini untuk bermain pasir, berenang ataupun kegiatan lain nya bersama keluarga atau teman, dipantai pancur kita akan banyak menemukan karang apalagi pada saat surut sekitar pukul 4 sore, bebatuan mulai terlihat dan banyak hewan laut yang berada di karang-karang.

Sebenarnya ada beberapa pantai lagi yang ada dialas purwo termasuk pantai plengkung atau G Land yang terkenal dikalangan peselancar dunia, namun kita tidak diperbolehkan membawa kendaraan sendiri ke G-land harus menggunakan kendaraan mobil yang sudah disiapkan pihak pengelola.

Berhubungan harganya cukup mahal kamipun mengurungkan niat untuk mengunjungi G Land, menurut teman saya orang asli banyuwangi, banyak sekali perubahan yang terjadi di Alas Purwo, mulai meningkatnya jumlah pengunjung dan juga diperbanyaknya fasilitas-fasilitas wisatawan, konon saya mendengar dari penduduk bahwa nantinya di Alas Purwo akan dibangun Jatim Park, ah semoga saja informasi ini tidak benar.

Karena terus terang saya orang yang cinta akan lingkungan, sangat disayangkan nantinya habitat hewan yang ada di Alas Purwo akan terganggu dan hutan pun akan kehilangan kealamian nya.

Sekian mengenai informasi tentang Menikmati Indahnya Taman Nasional Alas Purwo Banyuwangi semoga dapat menjadi referensi untuk kamu, jangan lupa kalo ke Banyuwangi mampir ke Taman Nasional Baluran dan Kawah Ijen, dijamin gak bakal nyesel. Salam Nazar Adventure.

Rudi Nazar Pemuda yang suka Adventure dan Traveling dengan kendaraan Roda Dua, mempunyai mimpi untuk terus explore tanpa batas dan berbagi momen melalui tulisan dan konten di Blog ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.