Rudi Nazar Pemuda yang suka Adventure dan Traveling dengan kendaraan Roda Dua, mempunyai mimpi untuk terus explore tanpa batas dan berbagi momen melalui tulisan dan konten di Blog ini.

Mengunjungi Titik Nol Kilometer Sabang

1 min read

Siapa yang ada niatan ingin pergi ke ujung Indonesia Barat yakni sabang? jika ada persiapkan semaksimal mungkin apapun keperluan dan perlengkapan yang dibutuhkan, termasuk kendaraan ataupun hal lainnya seperti budget dan sparepart, untuk yang ingin backpaker sebenarnya sangat mudah tinggal naik pesawat ke banda aceh lalu memulai perjalanan yang tidak terlalu jauh menuju sabang.

Perjalanan Menuju Nol Kilometer Sabang

Pada Desember 2019 lalu saya melakukan perjalanan menuju Tugu Nol Kilometer sabang dengan menggunakan motor yakni Motor vespa, perjalanan yang saya tempuh total memakan waktu 1 bulan 1 minggu sudah termasuk mampir-mampir dan juga kegiatan lainnya.

Oya untuk yang ingin backpakeran lalu bingung mengenai informasi penyebrangan kapal dari aceh ke sabang, silahkan baca artikel saya yang berjudul Jadwal Kapal Penyebrangan Aceh ke Sabang.

Menentukan Rute Perjalanan

Hal ini sangat penting sekali untuk anda yang ingin touring ke sabang menggunakan sepeda motor apalagi jika dilakukan oleh solo riding atau sendirian, memilih jalur tenutnya sangat penting sekali, seperti yang saya lakukan kemarin saya memilih jalur lintas timur karena ingin menuju kota-kota besar yang ada di sumatra.

Setiap hari saya targetkan melalukan perjalanan sampai dikota besar yang saya lalui, adapun kota yang saya lalui ialah Lampung – Palembang – Jambi – Pekanbaru – Medan – Aceh – Sabang

Jangan lupa abadikan moment setiap memasuki kota-kota besar yang anda lalui, temukan keunikan tersendiri di kota-kota tersebut, hal ini tentunya bertujuan untuk menambah wawasan dan juga pengalaman selama melakukan perjalanan.

Ketika sudah tiba di Sabang, akan banyak tempat wisata dipulau ini, sayang sekali ketika saya datang ke sabang keterbatasan oleh waktu sehingga hanya stay beberapa hari, padahal alangkah baik nya stay lebih lama lagi seperti satu minggu, agar semua tempat wisata bisa dikunjungi.

Mencari Penginapan Murah di Sabang

Penginapan murah menjadi alternatif saya ketika sudah tiba disabang karena pentingnya istirahat ketika sudah melakuakan perjalanan yang cukup melelahkan, saya menggunakan aplikasi RedDoorz dan menemukan hotel atau penginapan yang bernama Sumur Tiga Beach Sabang.

Penginapan murah meriah namun mempunyai view atau pemandagan yang luar biasa indah, menghadap langsung ke pantai dan juga terdapat pantai yang bernama The Point Sabang.

Dihari berikutnya saya melanjutkan perjalanan menuju Tugu Nol Kilometer sabang, tugu yang dimana menjadi banyak tujual touring pemotor di Indonesia, dan juga untungnya saya bertemu dengan peturing vespa juga yang berasal dari bandung, oya sudah ada cerita lengkapnya di youtube saya bisa disaksikan dibawah ini.

Tidak ada tiket masuk menuju tugu nol kilometer, untuk wagra lokal mungkin hanya akan diminta parkir dan tidak boleh masuk ke tugu ini membawa motor, akan tetapi bilang saja kepada petugas kalo kita hanya ingin mendokumentasikan dengan momotret motor ditugu nol kilometer, nanti inshallah diperbolehkan asalkan kitanya minta dengan sopan dan ramah.

Oya pastikan ketika ingin mengunjungi tugu nol kilometer periksa kembali rem kendaraan anda, karena tugu nol kilometer mempunyai turunan dan tanjakan yang cukup ekstrim sehingga dibutuhkan pengendalian rek yang pakem agar tidak terjadi hal-hal yang tidak di inginkan.

turunan monyet tugu nol kilometer

Sekian mengenai sharing saya mengenai Tugu Nol Kilometer Sabang Aceh, semoga bisa bermanfaat dan juga jangan lupa untuk follow instagram @rudinazar dan subscribe youtube channel saya, sekian dan terimakasih, Salam Adventure – Nazar Adventure.

Rudi Nazar Pemuda yang suka Adventure dan Traveling dengan kendaraan Roda Dua, mempunyai mimpi untuk terus explore tanpa batas dan berbagi momen melalui tulisan dan konten di Blog ini.

One Reply to “Mengunjungi Titik Nol Kilometer Sabang”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.