Rudi Nazar Pemuda yang suka Adventure dan Traveling dengan kendaraan Roda Dua, mempunyai mimpi untuk terus explore tanpa batas dan berbagi momen melalui tulisan dan konten di Blog ini.

Mengunjungi Museum Tsunami Aceh Serasa di Bawa saat Kejadian

1 min read

Halo kawan, Rudi Nazar disini, kesempatan touring desember 2019 yang lalu saya tentunya saya manfaatkan untuk Mengunjungi Museum Tsunami Aceh yang menjadi tempat wisata yang sangat fenomenal di Aceh, dan tentunya sangat wajib sekali untuk di kunjungi.

Mengunjungi Museum Tsunami Aceh

Seperti namanya museum ini dibuat sebagai simbolis dan juga untuk mengenang terjadinya musibah yang luar biasa, yakni tsunami Aceh yang terjadi pada Desember 2004, museum ini diresmikan pada 27 Februari 2009 oleh Susilo Bambang Yudhoyono selaku presiden RI kala itu.

Baca juga :

Museum tsunami aceh dirancang dan didesign oleh arsitektur Ridwal Kamil pada tahun 2007 yang saat ini beliau menjabat sebagai Gubernur Jawa Barat, memang sunggu luar beliau ini, saya juga sangat ngefans karena karyanya dan juga sikapnya sebagai pemimpin.

Dibangun diatas lahan seluas 2.500 meter persegi dan menghabiskan dana yang luar biasa yakni sekitar Rp140 miliar, akan tetapi hasilnyapun sangat mengagumkan, dimana bangunan ini mempunyai 2 makna apabila kita melihatnya dari atas bangunan ini seperti ombak tsunami namuk ketika melihat dari bawah tampak seperti kapal penyelamat.

Museum tsunami aceh terletak pada Jalan Sultan Iskandar Muda hanya 400meter dari Masjid Baiturrahman Banda Aceh, sebelum masuk pastikan kamu tidak mempunyai penyakit jantung, ataupun penyakit yang berhubungan dengan sesuatu yang mengagetkan.

Saat pertama masuk ke museum ini, kamu akan disuguhkan oleh terowongan yang berkucuran air dan juga suara gerumuh layaknya sedang terjadi tsunami saat itu, hal inilah yang menurut saya paling menyeramkan, rasanya benar-benar kita ada diposisi saat itu, terowongan atau ruangan ini diberinama Ruang Renungan.

Sumur Doa

Hal yang menarik selanjutnya adalah Sumur Doa dimana terdapat satu ruangan dimana dinding tersebut terdapat nama-nama para korban tsunami lalu diatasnya terdapat lafadz Allah.

sumur doa museum tsunami aceh

Jangan lupa ketika mengunjungi sumur doa ini, kita panjatkan juga doa untuk para korban tsunami semoga amal ibadahnya di terima disisi Allah SWT dan juga khusnul khatimah, amin.

Tidak hanya itu museum tsunami juga menampilkan banyak barang seperti kendaraan sisa-sisa hantaman tsunami dan juga replika tenda pengungsian dan sejarah hingga terjadinya tsunami, semuanya lengkap ada disini, tidak hanya itu yang membuat lebih menarik yakni tentang design museum ini yang luar biasa.

Pengalaman saya mengunjungi museum ini benar-benar merasakan kita seperti berada disaat kejadian, sampai ada teman saya yang sudah mengunjungi museum ini tidak mau kembali karena takut, padalah banyak sekali pelajaran dan hikmah yang bisa diambil dari kejadian tsunami tersebut.

Pada tahun 2018 museum Tsunami Aceh mendapatkan penghargaan dan juga terpilih sebagai museum terpopuler di Indonesia dari 400 museum yang ada dalam jang Indonesia Museum Award 2018, hal ini dikarenakan tingkat kepopuleran museum ini yang tinggi dan juga semakin banyaknya touris lokal maupun dari mancanegara yang mengunjungi museum ini.

Jadi tentu mesuem tsunami aceh sangat wajib kamu kunjungi ketika mampir ke Aceh, kamu akan benar-benar dibawa pada situasi dan kondisi saat akan kejadian, namun tentu hal tersebut memberikan pelajaran berharga untuk kita. Sekian mengenai informasi singkat tentang Museum Tsunami Aceh semoga bisa bermanfaat dan menjadi referensi untuk anda yang ingin berlibur ke serambi makkah yakni Banda Aceh, terimakasih jangan lupa berikan komentar dibawah dan share artikel ini ke semua social anda jangan lupa juga untuk like dan subscirbe channel Rudi Nazar 😀 Salam Advenutr – Nazar Advenutre.

Rudi Nazar Pemuda yang suka Adventure dan Traveling dengan kendaraan Roda Dua, mempunyai mimpi untuk terus explore tanpa batas dan berbagi momen melalui tulisan dan konten di Blog ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.