Rudi Nazar Pemuda yang suka Adventure dan Traveling dengan kendaraan Roda Dua, mempunyai mimpi untuk terus explore tanpa batas dan berbagi momen melalui tulisan dan konten di Blog ini.

Mengunjungi Museum PLTD Apung Kapal yang Terbawa Tsunami Aceh

1 min read

Halo kawan, Rudi Nazar disini, pada kesempatan kali ini saya akan sharing mengenai pengalaman saya pengunjungi museum PLTD Apung atau Kapal Pembangkit Listrik Tenaga Diesel yang terbawa dahsyatnya tsunami aceh yang terjadi pada Desember 2004.

Sejarah Museum PLTD Apung

Sedikit cerita yang saya ketahui dari berbagai sumber informasi, kapal ini tadinya digunakan sebagai sumber tenaga listrik untuk wilayah pelabuhan Ulee Lheue dan juga memang ditempatkan diperairan pelabuhan Ulee Lheue tersebut, ketika tsunami menerpa aceh pada tahun 2004, kapal ini terbawa kedaratan sepanjang 5 kilometer dengan diterjang ombak mencapai 9 meter.

museum kapal tsunami aceh

Membuat kapal tersebut sekarang berada di tengah Kota Banda Aceh tepatnya berada di Punge Blang Cut, Kec. Jaya Baru, Kota Banda Aceh. Kapal ini menimpa banyak rumah warga termasuk rumah yang masih ada disekitaran museum, menurut informasi tadinya kapal ini akan ditarik kembali kelautan, berhubung biayanya cukup mahal akhirnya pemerintah setempat menjadikan kapal ini sebagai museum.

Besar Kapal PLTD Apung

Saya pribadi mengunjugi kapal ini sangat besar sekali dan sunggu tidak menyangka kapal yang begitu besarnya bisa terbawa ombak sampai daratan sejauh 5 kilometer, bisa dibayangkan betapa dahsyatnya kejadian tsunami aceh 2004 yang lalu.

Kapal PLTD Apung mempunyai panjang 63 meter dan mempunyai luas 1.900 meter persegi dengan bobot mencapai 2.600 ton, sungguh luar biasa bukan? ketika alam mulai marah hal apapun bisa saja terjadi.

Museum Kapal Tsunami Aceh

kapal PLTD Apung aceh

Didalam kapal terdapat berbagaimacam barang-barang peninggalan dari kapal ini, interior dari kapal sudah direkonsisi sekian rupa seperti layaknya museum namun tetap tidak meninggalkan unsur dari bangunan tersebut, terdapat banyak layar atau video sejarah yang di tayangkan di museum kapal PLTD Apung.

Sejarah PLTD Kapal Apung Aceh

Dari mulai saksi hidup dan juga sejarah awal mulanya kapal ini berdiri, semuanya lengkap dan sangat rekomendasi untuk kamu yang suka akan sejarah dan keingintahuan yang tinggi.

Kapal ini menghantam beberapa rumah warga dan berada ditanah pemukiman, oleh karena itu pemerintah setempat membeli tanah tersebut agar menjadi monumen atau museum seperti saat ini, dibeberapa area kapal juga terdapat banguanan rumah yang runtuh akibat terjangan tsunami yang dahsyat.

Diareal ini juga dibangun monumen sebagai bentuk pengenang atas kejadian musibah yang sudah terjadi.

museum kapal agung aceh

Bagi kamu yang berkunjung ke aceh sepertinya sangat wajib untuk datang ke museum ini, tidak ada tiket masuk hanya uang sumbangan seikhlasnya saja yang bisa anda berikan untuk kebersian dan perawatan lingkungan, dan juga siapkan uang parkir untuk kendaraan.

Sekian mengenai review singkat tentang Mengunjungi Museum PLTD Apung Kapal yang Terbawa Tsunami Aceh semoga bisa menjadi informasi yang valid dan juga bermanfaat untuk kamu yang akan mengunjungi museum ini, terimakasih salam adventure – Nazar Adventure.

Rudi Nazar Pemuda yang suka Adventure dan Traveling dengan kendaraan Roda Dua, mempunyai mimpi untuk terus explore tanpa batas dan berbagi momen melalui tulisan dan konten di Blog ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.