Top

Mengoptimalkan On Page SEO Situs anda dengan 3 Langkah Sederhana

On Page SEO merupakan hal yang sangat penting dan tidak ada habisnya dibahas didunia optimasi, dan diposting kali ini saya akan sedikit membahas mengenai 3 langkah mengoptimalkan On Page SEO situs anda dengan cara sederhana.

Saya tidak mau bertele-tele jadi langsung saja akan saya bahas mengenai judul diatas yang mungkin bisa diterapkan pada situs anda untuk membuat situs tersebut lebih di cintai oleh Google.

3 Langkah Mengoptimalkan On Page SEO

Beberapa dasar wajib yang harus anda perhatikan untuk mengoptimasi situs anda agar benar-benar bisa ranking dengan keyword yang anda inginkan, diantaranya adalah :

#1 Title Tag Super Keyword

Ketika anda membangun sebuah website hal yang harus anda perhatikan pertama kali adalah anda ingin membangun website seperti apa? atau anda ingin website tersebut mempunyai niche apa, apakah tentang bisnis online atau tutorial blog, atau juga yang lainnya.

Tentunya hal tersebut juga harus membuat anda pintar dalam memilih atau membuat niche yang sesuai, karena banyak diluar sana yang saya lihat domain dengan niche blog sangat berbeda jauh.

Seperti contoh terdapat website atau situs yang mempunyai domain jualakunsshmurah.com (contoh) tetapi didalam situs tersebut dia malah menjual pulsa, tentu hal tersebut sangat tidak sesuai dengan niche dan domainnya.

Jadi pastikan terlebih dahulu, anda ingin mempunyai situs dengan niche seperti apa dan bagaimana mengoptimalkannya di search engine.

Setelah anda mempunyai niche yang cocok untuk situs anda, seperti misalkan situs anda mempunyai niche tutorial website dengan domain seperti contoh tutorialwebpemula.com, maka langkah selanjutnya yang harus anda lakukan adalah membuat Title Tag dengan keyword yang anda target tersebut.

Membuat Title Tag yang Natural

Langkah awal ketika anda ingin membangun sebuah title tag maka hal yang saya sarankan adalah anda membuatnya dengan se-natural mungkin yaitu :

#1 Dengan keyword yang anda target
#2 Membuat title yang super menggoda
#3 Tidak over optimaze

Saya sebenarnya sudah memberikan banyak contoh kepada anda mengenai membuat title tag, seperti yang sudah saya jelaskan di posting sebelumnya yang bisa anda lihat disini.

Dimana hal yang HARUS anda lakukan untuk mengoptimalkan suatu halaman agar mudah untuk ranking adalah, pastikan anda membuat title dengan mentarget keyword yang anda inginkan ranking.

Sekarang saya akan mengajak anda untuk melirik situs orang lain yang ranking, karena saya bosan kalau memberikan contoh situs saya terus 😀

Perhatikan gambar dibawah :

mengoptimalkan on page seo

bisa anda perhatikan situs yang menduduki pejwan diatas dengan kata kunci “jasa pembuatan website” rata-rata mereka semua menuliskan di title tagnya dengan kata kunci yang mereka target.

Maka dari itulah kenapa pentingnya anda harus membuat title tag dengan keyword yang anda inginkan ranking (target).

Kemudian yang ke-dua adalah Membuat title tag yang super menggoda, ini mungkin tidak terlalu terpengaruh di search engine tetapi sangat terpengaruh pada visitor maupun pengguna google yang mencari dengan kata kunci tersebut.

Ketika si pengguna Google mengetikan dengan keyword diatas kemudian situs anda pejwan, lalu anda tidak membuat title yang menggoda hanya title yang polosan saja dengan keyword yang ditarget, tentu hal tersebut akan menurunkan minat si pengguna Google tadi untuk mengklik situs anda, karena jika anda menuliskan title tag yang super menggoda, saya jamin akan banyak orang yang ingin berkunjung ke situs anda.

Ke-tiga adalah anda tidak over optimaze, penjelasannya adalah ketika anda membuat title tag anda tidak menuliskannya dengan semua keyword yang anda target karena hal tersebut pasti akan terlihat tidak alami.

kemudian ketika anda membuat title tag pastikan juga, title tersebut tidak melebihi 70 karakter huruf, karena yang biasanya ditampilkan oleh Google sebagai title tag pada suatu halaman kurang lebih 70 karakter huruf, jadi pastikan tidak boleh lebih maupun kurang (terlalu sedikit).

#2 Permalinks Super Keyword Target

Anda pasti tau apa yang dimaksud dengan permalinks atau URL, jka memang belum tau silahkan baca diposting saya yang mejelaskan Apa itu SEO, atau mungkin anda ingin menonton video yang saya jelaskan mengenai Dasar dari SEO.

Beberapa tips dari saya ketika membuat permalinks, yaitu tidak jauh berbeda dengan diatas 🙂 dan sebenarnya yang paling penting adalah anda membuat permalinks sesuai dengan keyword yang anda target.

Tidak hanya itu, anda juga harus memasukan halaman anda tersebut sesuai dengan kategorinya, seperti yang bisa anda lihat sendiri, kalau saya membuat posting ini mengenai SEO dan tentu saja saya masukan ke dalam kategori “Teknik SEO” bukan ke kategori lain yang berbeda topik.

#3 Meta Description Super Relevan

Terakhir tiga langkah sederhana untuk mengoptimalkan on page SEO situs anda yaitu dengan Meta Descirption, dan tips untuk mengoptimalkan Meta Description ini juga sama dengan Title tag.

Didalam meta description anda wajib menuliskan keyword yang ditarget, karena hal tersebut tentunya sangat membantu anda untuk mempermudah situs anda ranking tinggi, dan hal tersebut juga yang biasanya saya lakukan.

Kemudian berikan keterangan singkat yang membuat orang menjadi semakin penasaran, dan ingin mengunjungi situs anda.

Seperti contoh, anda mentarget ranking untuk kata kunci “Konveksi Baju” kemudian ada baiknya anda menuliskan Meta Description seperti contoh dibawah.

Konveksi baju paling murah dan terlengkap di indonesia, dengan teknisi yang berpengalaman, lihat selengkapnya disini..

Atau silahkan anda buat sendiri Meta Description yang menggoda lainnya dan sesuai dengan yang diinginkan.

Hal lain yang perlu anda perhatikan yaitu pastikan TIDAK over optimaze, atau jangan banyak menuliskan keyword yang anda target pada meta description.

CATATAN PENTING:

Saya memilih Title Tag, Permalinks, dan Meta Description sebagai 3 langkah sederhana untuk mengoptimalkan On Page SEO situs anda, karena hal tersebutlah yang bisanya pertama kali di baca oleh search engine, dan yang biasanya ditampilkan di hasil SERP.

Jadi, walaupun konten situs anda buruk, atau tidak teroptimasi dengan baik, minimal anda harus mengoptimasi ke-3 hal diatas dengan sebaik mungkin, karena dari Title Tag, Permalinks, dan Meta Description lah anda dapat mentarget degan baik keyword yang anda inginkan ranking, walaupun konten situs anda kurang maksimal.

Terima Kasih semoga bermanfaat tetap dijalan putih (White Hat SEO) 🙂 , dan saya mohon maaf karena mungkin ke-3 hal diatas intinya sama saja dan selalu saya sebutkan 🙂 ya.. tapi kenyataannya memang seperti itu, dan kenyataannya juga hal tersebutlah yang merupakan kekuatan saya di On Page SEO.

Jika ada pertanyaan jangan sungkan untuk berkomentar atau kontak saya, dan komentar yang cuman bilang “info yang bermanfaat” atau “terima kasih gan atas infonya” dan lain sebagainya, PASTI akan langsung saya hapus, silahkan dibiasakan untuk komentar yang berkualitas, karena ini bukan situs SPAM 🙂

Pemuda yang suka Adventure dan Traveling dengan kendaraan Roda Dua, mempunyai mimpi untuk terus explore tanpa batas dan berbagi momen melalui tulisan dan konten di Blog ini.

34 Comments
  • maulana
    23/05/2017 at 19:27

    jika saya mau belajar seo bisa tidak?

  • AndroidTechnoria
    23/04/2017 at 14:53

    Kang rudi boleh tanya, maaf jika dianggap melenceng dari topik, karena saya membutuhkan pencerahan untuk memberantas para tukang copas yang menyebabkan duplikat konten, nah yang ingin saya tanyakan bagaimana caranya melaporkan situs copas untuk dihapus dari pencarian tapi situs copas tersebut bukan pengguna platform blogger? kalo platform blogger kan mudah melaporkannya, nah ini kalo bukan gimana caranya?

  • Farid
    06/02/2016 at 07:17

    Hatur nuhun gan Rudi, sekalian salam silaturahmi dari saya.

  • Sandal Boneka
    23/06/2015 at 11:15

    Terima kasih Mas Rudi artikelnya, bagus banget untuk mengoptimasi web http://www.sandalboneka.com yang Saya punya, mudah-mudahan ilmunya akan membawa keberkahan…aamiin.

  • biro jasa pt
    16/06/2015 at 05:52

    mas mau tanya tentang kepadatan kata kunci..apa beda dengan pengulangan kata kunci..di tunggu yaa

  • try santoso
    31/03/2015 at 23:27

    mantapp kang rudi penjelasannya, sangat membantu untuk ane yang pemula di dunia blog

  • hakim
    12/02/2015 at 22:59

    terima kasih informasimya sangat berguna sekali bagi saya yang sedang belajar seo

  • jasapaspor.net
    08/01/2015 at 18:29

    Kalau membaca tulisan-tulisan bung rudi memang jozz… Saya hanya bisa bilang wouw ketika bbrp kata kunci web ini banyak yg pejwan berkat ilmu onpage dan offpage nya.. Keren sob.. Lanjutkan idemu

  • fathur
    30/10/2014 at 22:55

    maks… 3 lanngkah ini sangat membantu,
    tapi yang saya pengin tanyakan adalah tadi agan di atas, kalau kita sering buka WEB’nya sendiri apa ber pengaruh pada ON PAGE SEO tsb….
    ma’af pemula minta arahanya….. maks,

  • rwpbsd
    23/10/2014 at 14:33

    Mantab … terima kasih tulisannya sangat berguna dan membantu banyak orang

  • Reekay
    19/10/2014 at 08:18

    Kalau meta description itu gimana bikinnya gan?

  • madu penyubur kandungan
    23/09/2014 at 19:55

    Terimakasih Mas Rudi untuk penjelasannya yang sangat gamblang Saya akan coba Tips dan Trik ala Mas Rudi Nazar..

  • titikfokus
    16/09/2014 at 08:45

    maaf pak, mau nannya, apakah betul dengan nama domain bisa dinomer 2 kan dalam hal seo? saya baru saja ganti domen dengan nama perusahaan saya, dan ternyata saya harus mulai dari o lagi untuk membuat seo google bisa di page 1-2 lagi pak.
    apakah ada cara cepat dengan tidak mengulang lagi pak?

    saya memang berganti nama karena kemaren domen yang saya gunakan sangat susah untuk diingat, jadi saya ganti namun kendala saya hrus mengulang lagi dri awal 🙁

    makasi pak

      • Apk Seru
        09/10/2016 at 06:31

        Keren tutoriaalnya ini om,,, Bisa Dicoba… Makasih ya om.

  • angga
    15/09/2014 at 17:18

    permalink itu bagusnya keyword kita atau judul title artikel kita om.,.,

    contoh:

    keyword: baju murah
    judul title artikel: baju murah dengan kualitas bagus

    yang jadi permalinknya baju murah atau baju murah dengan kualitas bagus?

  • Yustiar Ramdani
    26/07/2014 at 14:21

    Saya punya situs baru satu bulan dan masih belum mencapai hasilnya, jadi apa sih yang harus di utamakan dalam tehnik seo yang sebenarnya? mohon penjelasannya gan ? mungkin dengan contoh biar saya bisa lebih paham, terima kasih.

      • Yustiar Ramdani
        02/08/2014 at 23:02

        setiap kali saya buat judul posting di blogger trus saya pasang judul ” Ponsel Dual SIM Harga Sejutaan” pas saya lihat di google search ko yang di cetak tebal adalah kata ponsel dan harga,
        padahal keyword yang saya target adalah “Ponsel Dual SIM” seharusnya kan keyword yang saya target itu yang di cetak tebal dan kata “harga sejutaan” adalah title tagnya kan, tolong mas kasih tutorialnya untuk blogspot kalo wordpress sih enak pke plugin by yoast jadi bisa seting focus keyword. terima kasih sebelumnya

        • Yustiar Ramdani
          02/08/2014 at 23:09

          maaf maksud di atas adalah “ponsel android dual sim harga sejutaan” dan yang di cetak tebal adalah “android” dan “harga” sedangkan keyword yang saya target adalah android dual sim ko bisa gitu untuk bisa buat fokus keyword di blogger kayak gimana mas kalau di blogger pake plugin by yoast kan

  • Kalam Sufi
    25/07/2014 at 14:40

    Gan! Optimalisasi heading (h1, h2, h3, dst) itu mempunyai pengaruh besar pada One Page Seo ga, karena thema yang saya gunakan kurang mendukung untuk ‘jurus’ satu ini. Thanks!!!!

  • blogging tips
    20/07/2014 at 02:35

    Sharing yang bermanfaat, melakukan optimisasi onpage memang sangat membantu meningkatkan visibilitas blog di search engine seperti Google.

  • peninggi
    18/07/2014 at 00:37

    salam mas,
    sudah lama baca banyak artikel tentang seo masih saja sy kurang memahami
    terutama seo on page, yang mau sy tanyakan apa hanya 3 langkah diatas yakin bisa menjadikan page one mas..?
    bardasarkan yang sy jalani selama ini tidak membuahkan hasil, apa ada yang salah / kurang ya mas,
    mohon jawanbanya,
    salam sukses,
    terima kasih

  • Zona Kopi
    12/07/2014 at 20:26

    Misi gan. Ane melakukan SEO On Page dengan memanfaatkan plugins Seo by Yoast. Nah dengan plugin tersebut nanti kan kita dapat mengetahui kekuatan seo suatu artikel ketika kita sedangn membuat post. Nah ane sering kesulitan untuk membuat seo artikel ane menjadi kuat karena title tag dan page url harus sama. Permasalahannya, untuk membuat judul yang menarik terkadang butuh tanda-tanda seperti titik dua, tanda kutip dll. Jadi kira2 ada tips buat masalah ane gak gan ?

      • Manfaat Kopi
        11/08/2014 at 22:35

        Wah…kalo begitu, ane ucapkan terima kasih banyak gan..

  • pulau tidung
    10/07/2014 at 14:38

    mau tanya sedikit nih gan? perbedaan antara title tag dengan metadescription itu di mana ya? apakah di title dan description wajib di pasang kata kunci

Post a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.