Rudi Nazar Pemuda yang suka Adventure dan Traveling dengan kendaraan Roda Dua, mempunyai mimpi untuk terus explore tanpa batas dan berbagi momen melalui tulisan dan konten di Blog ini.

Mengintip Indahnya Waduk Cirata Purwakarta

1 min read

Purwakarta mempunyai beberapa danau yang cukup besar dan mempunyai PLTA (Pembangkit Listrik Tenaga Air) dan juga menjadi tempat wisata, salah satunya yaitu Waduk Cirata.

Selain berfungsi menjadi pembangkit listrik tenaga air, waduk cirata juga berfungsi menjadi tempat wisata yang banyak dikunjungi oleh wisatawan karena mempunyai keindahan danau yang menarik untuk dikunjungi.

Tidak hanya menjadi pembangkit listrik waduk cirata juga menjadi tempat penangkaran ikan tawar, tidak heran di waduk ini kamu akan melihat banyak keramba jaring apung yang menjadi penghasil ikan yang cukup banyak.

Waduk Cirata Purwakarta

photo instagram by @jusufraka

Waduk atau danau cirata ini sebenarnya terdapat pada 3 kabupaten, yaitu purwakarta, cianjur, dan juga Bandung Barat, namun yang paling terkenal dan ramai dikujungi adalah purwakarta.

Meskipun waduk cirata ini bukan dikhususkan untuk menjadi tempat wisata akan tetapi pengunjung banyak yang datang kesini untuk menikmati indahnya waduk cirata.

Jalanan menuju kesini juga sangat asik karena menanjak dan banyak tikungan, selain itu aspal yang mulus menjadikan akselerasi berkendara yang menjadi asik dan seru.

Pengelola PLTA Cirata menjadikan 4 bangunan utama yaitu sebuah bangunan untuk menampung air, saluran air, dan unit pembangkit listrik.

photo instagram by @marzzh.a

Tujuan utama dibangun nya bendungan waduk cirata ini yaitu untuk memenuhi kebutuhan pembangkit listrik pada pulau jawa dan Bali, namun untuk saat ini dikembangkan kembali dengan adanya pembudidayaan jaring apung, sebagai wujud menciptakan lapangan pekerjaan untuk warga sekitar.

Banyak kegiatan wisata yang bisa kalian lakukan disini seperti menyewa perahu pada warga yang menyediakan, dan untuk wisata kuliner terdapat juga banyak makanan dan jajanan yang bisa kamu beli disini.

photo instagram by @manasitus

Hamparan danau yang indah dengan bendungan berupa jalan yang seolah-olah membelah danau menjadikan tempat ini cukup bagus dan rekomendasi untuk kamu kunjungi, selain itu menjadikan wisata lebih seru apalagi kalau kamu datang kesini dengan menaiki motor.

Sekian mengenai informasi waduk cirata purwakarta, semoga bisa bermanfaaat dan menjadi referensi untuk kamu yang ingin berkunjung kesini, apabila mempunyai pengalaman lain saat berkunjung ke waduk cirata, jangan lupa untuk memberikan komentar dibawah.

Rudi Nazar Pemuda yang suka Adventure dan Traveling dengan kendaraan Roda Dua, mempunyai mimpi untuk terus explore tanpa batas dan berbagi momen melalui tulisan dan konten di Blog ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.