Rudi Nazar Pemuda yang suka Adventure dan Traveling dengan kendaraan Roda Dua, mempunyai mimpi untuk terus explore tanpa batas dan berbagi momen melalui tulisan dan konten di Blog ini.

Masjid Agung Jawa Tengah yang Megah dan Indah

1 min read

Halo kawan, saat touring menuju jogja saya saya mengunjungi candi prambanan yang penuh sejarah dan menjadi candi terindah se asia tenggara, setelah dari prambanan saya melanjutkan perjalanan menuju Masjid Agung Jawa Tengah yang berada di Semarang.

Masjid Agung Jawa Tengah

Masjid ini dibangun pada tahun 2001 sampai selesai semua pada tahun 2006, luas masjid beserta taman secara keseluruhan sekitar 10 hektare. Pada saat itu di resmikan oleh presiden Susilo Bambang Yudhoyono ( SBY ) pada 14 November 2006, masjid ini menjadi masjid provinsi di Jawa Tengah.

Masjid Agung jawa tengah mempunyai bangunan bergaya jawa, islami, dan romawi di desain oleh Ir. H. Ahmad Fanani dari PT. Atelier Enam Jakarta dimana beliau memenangi sayembara Masjid Agung Jawa Tengah pada tahun 2001.

Desain yang sangat bagus menjadi daya tarik bagi para wisatawan yang ingin berkunjung ke masjid ini, apalagi untuk melihat menara yang melipat payung seperti masjid di nabawi, rasanya saya pribadi tidak bosan menikmati keindahan desain dari masjid ini.

Fasilitas Masjid Agung Jawa Tengah

Terdapat banyak fasilitas yang cukup lengkap dimasjid ini, diantaranya parkiran basement yang luas, taman-taman yang rapi dan juga terdapat sebuah menara setinggi 99 meter atau disebut menara al-husna. Dimenara tersebut terdapat beberapa dasilitas diantaranya.

Lantai 1 terdapat studio radio DAIS dan juga pemancar TVKU, di lantai 2 terdapat museum Perkembangan Islam Jawa Tengah, dan lantai terakhir yakni lantai 19 terdapat gardu pandang kota semarang dan juga dijadikan tempat rukyat al-hilal.

Kamar mandi dan toilet yang cukup banyak menjadikan saya pribadi lebih leluasa untuk bersih-bersih di masjid ini, maklum saja sehabis menempuh perjalanan yang cukup jauh dan melelahkan jadi butuh bersih-bersih atau mandi, jangan lupa apabila mengunjungi masjid agung jawa tengah jangan hanya mengabadikan momen, akan tetapi haru sholat juga minimal sholat thaiyatul masjid atau sholat untuk menghormat masjid.

Dimasji ini juga terdapat koleksi al-quran sebesar 145 x 95 cm², al-quran ini ditulis tangan oleh Drs. Khyatudin, dari Pondok Pesantren Al-Asyariyyah, Kalibeber, Mojotengah, Wonosobo. Tidak hanya itu terdapat juga bedug raksasa sebesar 310 cm dengan diameter 220 cm.

Sekian informasi mengenai Masjid Agung Jawa Tengah yang Megah dan Indah semoga bermanfaat dan menjadi referensi untuk kamu yang ingin mengunjungi masjid ini, Sekian dan Salam Nazar Adventure.

Rudi Nazar Pemuda yang suka Adventure dan Traveling dengan kendaraan Roda Dua, mempunyai mimpi untuk terus explore tanpa batas dan berbagi momen melalui tulisan dan konten di Blog ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.