Rudi Nazar Pemuda yang suka Adventure dan Traveling dengan kendaraan Roda Dua, mempunyai mimpi untuk terus explore tanpa batas dan berbagi momen melalui tulisan dan konten di Blog ini.

Kampung Ciptagelar Kampung Adat yang Kaya Budaya dan Alamnya

1 min read

Masih seputar Sukabumi, tidak hanya kaya akan alamnya yang luar biasa, Sukabumi juga memiliki Kesepuhan Ciptagelar, atau biasa disebut kampung ciptagelar.

Kampung yang terletak sekitar 203 dari pusat kota sukabumi ini merupakan sebuah kampung yang sebagian masyarakatnya dihuni oleh kesepuhan atau dalam bahasa Indonesia berarti orang tua atau sesepuh.

Kampung ciptagelar terletak di Kawasan Gunung Halimun-Salak, dimana bagian ini merupakan dari kawasan taman nasional Gunung Halimun dan gunung salak.

Kampung Ciptagelar Sukabumi

Secara administratif Kampung Ciptagelar terletak pada kampung Sukamulya, Desa Sirnaresmi, Kecamatan Cisolok, Kabupaten Sukabumi. Dimana wilayah ini meliputi beberapa wilayah seperti Bogor, Sukabumi, dan Lebak.

Kampung Ciptagelar terletak pada ketinggian 1.050 Mdpl dan berada sejak tahun 1368 suhu disini berkisar antara 20 sampai 26 derajat celcius.

Seperti namanya yakni kesepuhan, bangunan rumah di kampung ciptagelar ini masih mempertahankan betuk tradisional yang terbuat dari kayu dan berdinding bilik bambu dan mempunyai atap rumah yang terbuat dari pelepah aren yang dikeringkan.

Kampung Ciptagelar juga pernah beberapa kali berpindah lokasi sebagai wangsit atau perintah dari leluhur, maka seperti yang dijelaskan tadi rumah yang berada di kampung ciptagelar tidak bersifat permanen.

Mayoritas warga yang berada di kampung ciptagelar berprofesi sebagai petani namun ada juga sebagian yang mempunyai profesi sebagai peternak, pedagang dan juga buruh.

Semuanya dilakukan secara Tradisional

Termasuk dalam pengelolaan tanah dimana warga kampung ciptagelar masih menanam padi setahun sekali dengan melihat tanda-tanda astronomi, selain itu para petani disini tidak menggunakan traktor, pupuk kimia dan juga gilingan padi, semunya dilakukan secara tradisional.

Hingga semua warga dilarang untuk menjual padi atau beras hasil panen nya, hal ini yang membuat warga kampung ciptagelar dapat berswasembada pangan sampai beberapa tahun yang akan datang.

Meski semuanya dilakukan secara tradisional, bukan berarti masyarakat kampung ciptagelar tidak menerima teknologi, karena bagi mereka teknologi merupakan tatanan di lingkungan masyarakat sekitar.

Rute Menuju Kampung Ciptagelar

Sangat disarankan untuk menuju kesini ada baiknya kamu menggunakan sepeda motor trail atau mobil 4×4, karena jalanan menanjak cukup menantang, akan tetapi mendengar informasi bahwa akan dilakukan perbaikan menuju desa ciptagelar karena semakin banyaknya pengunjung yang berkunjung kesini.

Banyak rute menuju kampung ciptagelar untuk kamu yang memang belum pernah kesini alangkah baiknya menggunakan rute sesuai arahan google maps karena rute tersebut yang paling sering dikunjungi oleh wisatawan menuju kampung ciptagelar.

Sekian mengenai informasi Kampung Ciptagelar Sukabumi, apabila kamu mempunyai pengalaman lain saat berkunjung kesini jangan sungkan untuk ceritakan pengalaman mu di kolom komentar dibawah, sekian dan terimakasih.

Rudi Nazar Pemuda yang suka Adventure dan Traveling dengan kendaraan Roda Dua, mempunyai mimpi untuk terus explore tanpa batas dan berbagi momen melalui tulisan dan konten di Blog ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.