Rudi Nazar Pemuda yang suka Adventure dan Traveling dengan kendaraan Roda Dua, mempunyai mimpi untuk terus explore tanpa batas dan berbagi momen melalui tulisan dan konten di Blog ini.

Jalan-Jalan Menikmati Wisata di Kota Bukit Tinggi

2 min read

Masih seputar touring keliling sumatra, tidak lupa saya mengunjungi kota wisata yang cukup terkenal yakni bukit tinggi dan tentunya sayapun Jalan-Jalan Menikmati Wisata di Kota Bukit Tinggi, hal apa saja yang saya temukan di bukit tinggi, mari kita simak dibawah ini.

Jalan-Jalan Menikmati Wisata di Kota Bukit Tinggi

Sebenarnya tidak lama saya singgah di bukit tinggi, sampai pada malam hari sekitar pukul 11 malam saya mencari penginapan murah melalui berbagai macam aplikasi penginapan, akan tetapi saya baru sadar bahwa dibukit tinggi harga hotel relatif lebih mahal dibandingkan dengan kota-kota lain nya di sumatra.

Mungkin karena bukit tinggi merupakan kota wisata jadi wajar saja harga penginapan atau hotel disini lebih mahal, kebetulan saya menemukan hotel yang dekat dengan pintu masuk wisata benteng Fort de kock hanya berjalan sekitar 3 menit sudah tiba di pintu masuk, jadi tidak perlu membawa kendaraan lagi karena cukup jalan kaki saja.

Membeli tiket masuk ke taman sekaligus kebun binatang dan juga tempat rumah gadang seharga sekitar 15ribu untuk satu orang, oya tiket masuk disini sudah menggunakan uang elektronik yakni Brizzi dari Bank BRI kalo kamu belum punya bisa dipastikan disuruh beli ditempat 😀

Benteng Fort de Kock

Masuk dengan tap kartu Brizzi untuk satu orang layaknya seperti mau naik kereta KRL, setelah masuk kamu bakal menemukan suasa sejuk khas dataran tinggi bukit tinggi, pas saya datang kesini hanya menggunakan kaos saja jadi sangat terasa sekali dingin nya.

pintu masuk benteng fort de kock
pintu masuk benteng fort de kock
suasana benteng fort de kock
suasana benteng fort de kock

Setelah berjalan-jalan di areal Benteng Fort de Kock selanjutnya melewati jembatan yang disebut jembatan Limpapeh jembatan ini merupakan jembatan gantung yang dibawahnya terdapat jalan raya, menghubungkan benteng fork de kock dan areal wisata kebun binatang bukit tinggi.

jembatan limpapeh
jembatan limpapeh

Sebelum menuju kebun binatang akan ada rumah adat minangkabau bukit tinggi, kalo kamu pernah ke taman mini rumah ini sama persis, ya namanya juga rumah adat ya 😀 pasti sama. Jangan lupa abadikan momen disini.

rumah adat minangkabau sumatra barat
rumah adat minangkabau sumatra barat

Kebun Binatang Bukit Tinggi

Setelahnya bisa lanjutkan keliling melihat kebun binatang yang mempunyai koleksi hewan cukup banyak, salah satunya yang paling berkesan adalah harimau sumatra, hewan-hewan disini dirawat dengan baik dan juga tempatnya sangat nyaman dan bersih ditambah suasana bukit tinggi yang memang cukup dingin.

harimau sumatra kebun binatang bukittinggi

Jam Gadang Bukit Tinggi

Puas menikmati kebun binatang dengan melihat hewan-hewat sumatra secara langsung, kamu bisa langsung keluar dari pintu kebun binatang ini jadi tidak usah kembali lagi ke benteng fork de kock, saat keluar nanti menemui pasar yang menjual berbagai macam oleh-oleh dan juga souvenir bukit tinggi.

Dari pintu keluar berjalan sekitar 10 menit kamu sudah bisa menemukan Jam Gadang yang terkenal sebagai icon Kota Bukit Tinggi, areal ini sangat rapi dan juga sangat ramai pengunjung apalagi pada saat weekend.

Areal jam gadang mempunyai taman yang cukup bagus dan nyaman untuk digunakan berbagaimacam aktifitas, dan juga tempatnya cukup bersih dan friendly banget untuk wisatawan.

Nasi Kapau

Setelah lelah jalan-jalan menikmati wisatawa kota bukit tinggi, sangat cocok sekali langsung makan, nah saya ingin memberikan rekomendasi tempat makan yang wajib kamu coba yakni nasi kapau.

Hanya berjarak sekitar 100 meter dari jam gadang, ada penjual nasi kapau yang dimana menurut informasi penjual, nasi kapau yang asli hanya dijual oleh penduduk asli kapau dan tidak boleh dijual oleh orang lain. Nah porsi nasi kapau ini sangat banyak sekali satu bungkus bisa untuk 3 orang, berat banget satu bungkus pun mungkin ada 1 kg, tapi itulah khas nya, saya membeli dua bungkus untuk dimakan saat itu juga dipenginapan, dan untuk dimakan nanti saat istirahat diperjalanan.

Sekian sharing saya mengenai Jalan-Jalan Menikmati Wisata di Kota Bukit Tinggi semoga bisa menjadi referensi untuk kamu yang ingin berwisata ke bukit tinggi, jangan lupa share dan berikan komentar dibawah. Salam Adventure – Nazar Adventure.

Rudi Nazar Pemuda yang suka Adventure dan Traveling dengan kendaraan Roda Dua, mempunyai mimpi untuk terus explore tanpa batas dan berbagi momen melalui tulisan dan konten di Blog ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.