Rudi Nazar Pemuda yang suka Adventure dan Traveling dengan kendaraan Roda Dua, mempunyai mimpi untuk terus explore tanpa batas dan berbagi momen melalui tulisan dan konten di Blog ini.

Candi Prambanan Keindahan yang Penuh Sejarah

1 min read

Halo kawan, kali ini saya ingin membahas dan share kepada kalian mengenai candi prambanan yang mempunyai keindahan yang penuh sejarah, sebuah candi yang mungkin sudah tidak asing lagi bagi masyarakat jawa tengah, yang saat ini menjadi tempat wisata yang terkenal dan juga banyak dikunjungi oleh wisatawan.

Sejarah Candi Prambanan

Candi prambanan berdiri atau dibangun sejak abad ke-9, mempunyai ornamen yang mengagumkan dan juga mempunyai tinggi sekitar 47 meter, candi prambanan juga merupakan sebuah candi hindu terbesar di asia tenggara, mulai dibangun pada saat pemerintahan Rakai Pikatan dari mataram kuno.

Menurut sejarah tanpa sebab yang diketahui, pusat pemerintahan pindah ke jawa timur pada akhir abad ke-10, sehingga can di prambanan mulai ditinggalkan dan terbengkalai hingga tertimbun letusan gunung merapi dan juga secara perlahan menjadi hutan lebat.

Setelah ratusan tahun kemudian candi prambanan ditemukan kembali, dan mulai direlokasi pada tahun 1930-an lalu candi utama dari candi prambanan rampung pada tahun 1953. Candi Prambanan terletak di Jl. Raya Solo – Yogyakarta No.16, Kranggan, Bokoharjo, Kec. Prambanan, Kabupaten Sleman, Yogyakarta.

Harga Tiket Masuk Candi Prambanan

Untuk bisa berkunjung dan menikmati candi prambanan, kamu diwajibkan membeli tiket masuk terlebih dahulu, harga tiket masuk candi prambanan tidak terlalu mahal dan cukup terjangkau hanya Rp. 50.000,- / orang dan Rp. 25.000,-/ anak, komplek candi prambanan mulai buka pada pukul 06.00 s/d 17.00 WIB.

Sebenarnya ada tiket khusus masuk sebelum sunrise atau sebelum pukul 06.00, sangat cocok sekali untuk kamu yang ingin menikmati sunset dan pemandangan yang lebih menakjubkan, tidak hanya itu terdapat pula tiket masuk untuk menikmati sunset atau setelah pukul 17.00, ini juga sangat rekomendasi untuk kamu pecinta senja dan sunset, siapkan uang sekitar Rp. 250.000,- untuk membeli tiket tersebut.

Komplek Candi Prambanan

Menurut informasi terdapat kurang lebih 240 candi besar dan kecil di komplek candi prambanan, akan tetapi hanya ada 18 candi yang terselamatkan, sisanya hanya tumpukan batu berserakan. Tiga dari 18 candi disebut candi trimurti atau 3 wujud yang merupakan 3 candi utama yang paling besar.

Candi prambanan mempunyai lahan yang luas, dan juga taman-taman yang tertata rapi, disini kamu bisa belajar sejarah sepuasnya mengenai candi prambanan, sering pula diadakan event disini.

Saat libur panjang tiba, candi ini sangat ramai dikunjungi oleh wisatawan, dan kebetulan saya berkunjung kesini pada saat weekday dan pagi hari, sehingga suasana tidak terlalu ramai dan mendapatkan spot foto yang cukup bagus, disarankan kamu bisa berkunjung kesini pada pagi hari saat weekday.

Oya sebagai informasi tambahan candi prambanan telah menjadi situs warisan Dunia UNESCO, candi hindu terbesar di Indonesia, dan candi terindah di Asia Tenggara.

Sekian mengenai informasi singkat tentang Candi Prambanan Keindahan yang Penuh Sejarah semoga bermanfaat dan menjadi referensi untuk kamu yang ingin berkunjung kesini, apabila kamu punya pengalaman lain, silahkan komentar dibawah, Salam Nazar Adventure.

Rudi Nazar Pemuda yang suka Adventure dan Traveling dengan kendaraan Roda Dua, mempunyai mimpi untuk terus explore tanpa batas dan berbagi momen melalui tulisan dan konten di Blog ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.