Touring ke Lombok Menggunakan Vespa – Part I Persiapan

By | 03/09/2018

Saya ingin berbagi cerita kepada anda semua mengenai Touring ke Lombok Menggunakan Vespa bersama dengan teman-teman dari komunitas Upas Vespa Karawang.

Touring ini dimulai dari tanggal 04 Juli 2018 kita star perjalanan dari Karawang yaitu tepatnya di bengkel Upas Vespa Karawang, jika anda berada di Karawang jangan lupa mampir ke bengkel vespa di Karawang ini.

Ini alamat lengkapnya :
Dusun Tegal Luhur RT. 04/02 No.147, Desa Suka Makmur, Kec. Telukjambe Timur, Karawang 41361

Maps : https://goo.gl/maps/6MNWehtZezs

Rencana Awal Touring ke Lombok

Touring ke Lombok Menggunakan Vespa

Suasana Persiapan Motor di Bengkel Upas Vespa Karawang

Rencana awal touring ke lombok, NTB ini berawal dari Keinginan saya pribadi ketika pertama suka kepada sepeda motor Vespa, Ketika saat itu pula saya ingin merasakan perjalanan jauh dengan menggunakan sepeda motor yang satu ini.

Tetapi Sebelumnya saya juga sudah berpergian cukup jauh menggunakan sepeda motor Vespa diantaranya yaitu Karawang – Tangerang, atau Karawang – Bogor.

Akan tetapi rasanya kurang memuaskan karena hanya berada di Pulau Jawa saja, setelah memikirkan panjang perjalanan mana yang akan ditempuh Akhirnya saya memilih Lombok sebagai tujuan touring dengan menggunakan Vespa.

Kita merencanakan perjalanan ini sudah dari jauh hari bahkan 2 bulan sebelum pemberangkatan, tidak hanya persiapan motor tetapi juga fisik dan yang lebih penting lagi materil.

Merekrut Teman yang akan ikut Touring

touring ke lombok naik vespa

Upas dan Yudi teman Touring Bareng

Setelah menetapkan Tempat yang ingin saya tuju, saya mulai merekrut ataupun mengajak teman ataupun Siapa saja yang ingin ikut touring.

Tidak sedikit yang ingin ikut, namun pada akhirnya semuanya terkendala karena beberapa faktor antara lain seperti motor dan juga faktor keuangan teman-teman.

Pada akhirnya setelah H- 3 pemberangkatan, hanya kedua teman saya yang fix jadi ikut, yang pertama yaitu Upas teknisi Vespa yang siap menyelesaikan segala permasalahan di jalan, bahkan beliau juga seorang teknisi yang berpengalaman dan siap membongkar mesin Apabila terjadi Trouble, menggunakan Vespa Sprint kesayangannya yang juga sudah di modif pengapian menggunakan Excel.

kemudian teman saya yang satu lagi bernama Yudi, dia menggunakan sepeda motor Vespa Super yang juga sudah dimodif dengan ban ring 10 dan juga pengapian menggunakan Excel.

Persiapan Sebelum Pemberangkatan

ke lombok naik vespa

Titik Pemberangkatan

Karena kami merencanakan perjalanan ini dari jauh-jauh hari, maka kami juga mempersiapkan segala macam kebutuhan ketika di jalan.

Tidak hanya kebutuhan untuk keamanan dan juga kondisi motor kami juga mempersiapkan diri secara fisik dan juga kebutuhan lainnya yang diperlukan saat di jalan.

Perlengkapan Touring untuk Vespa

Persiapan touring jarak jauh dengan vespa

Perlengkapan yang saya bawa

Karena vespa merupakan kendaraan yang cukup tua sehingga perlu perawatan ekstra dan juga suku cadang yang selalu optimal.

Oleh karena itu kami tidak sembarangan membeli suku cadang Vespa, bisa dipastikan selalu membeli suku cadang yang orisinil dan berkualitas tinggi.

Karena dengan demikian hal tersebut akan membuat nyaman dalam berkendara ataupun kekuatan dari suku cadang tersebut lebih kuat dibanding dengan suku cadang buatan lokal atau suku cadang biasa.

Adapun diantaranya Kami membawa suku cadang seperti :

1. Pulser
2. Ban Cadangan
3. CDI
4. Kopling Set
5. Busi
6. Mounting
7. Tromol
8. Blok + piston
9. Blok Head
10. Lampu
11. Tali Kopling
12. Tali gas
13. Tali rem
14. Bearing
15. Kampas rem
16. Solderan
17. Dll

Mungkin dari Anda ada yang kaget Jika Kami membawa perlengkapan suku cadang sebanyak itu, tapi memang benar Kami membawa perlengkapan yang sangat banyak, demi menghindari kemungkinan trouble yang akan terjadi, walaupun sebenarnya hanya sedikit suku cadang yang terpakai ketika toring, tapi kita tidak akan tahu hal apa yang akan terjadi bukan?

Maka dari itu daripada bersusah payah di jalan dengan trouble yang sulit untuk diselesaikan lebih baik mempersiapkan suku cadang yang banyak walaupun berat ketika dibawa.

Tidak hanya perlengkapan suku cadang yang komplit, kami juga membawa alat bongkar atau tool dan kunci yang lengkap. Sampai siap untuk belah mesin ketika ada trouble yang cukup parah.

Selain perlengkapan untuk meminimalisir trouble yang terjadi pada kendaraan, kami juga membawa peralatan lainnya untuk kebutuhan di perjalanan seperti:

1. Tenda
2. Matras
3. Tragnia (alat masak)
4. Kompor spirtus
5. Sleeping bag
6. Jas hujan
7. Obat-obatan (P3K)
8. Pakaian ganti
9. Peralatan mandi
10. Dll

Sekian mengenai artikel part 1 ini, saya akan melanjutkan cerita di postingan selanjutnya yaitu di Part 2 jadi tetap pantau terus situs saya RudiNazar.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.