Rute Pemberangkatan – Touring ke Lombok Menggunakan Vespa Part II

By | 04/09/2018

Halo semuanya Jumpa lagi dengan saya Rudi Nazar dan Pada kesempatan kali ini saya akan membahas mengenai touring ke Lombok menggunakan Vespa Part II, di postingan sebelumnya atau part pertama saya sudah membahas mengenai Persiapan apa saja yang saya lakukan dan yang saya persiapkan, jika Anda belum membaca postingan pertama langgam baiknya anda membaca terlebih dahulu sebelum berlanjut ke postingan kedua ini.

Pemberangkatan Touring ke Lombok menggunakan Vespa

rute perjalanan ke Lombok

Untuk pemberangkatan kamu bertiga sama sekali tidak tahu rute yang akan dituju karena kita belum sama sekali menggunakan kendaraan bermotor ke Lombok.

Oleh karena itu beruntungnya kami di zaman teknologi ini ada aplikasi yang bernama Google Maps atau Waze.

Kedua aplikasi ini mempunyai fungsi yang sama yaitu sebagai navigasi atau yang menunjukkan arah jalan mana yang harus kita tuju agar sampai di tujuan.

Pada saat awalnya saya menggunakan aplikasi Waze, namun Entah kenapa Karena saya sering menggunakan Google Maps, hal tersebut membuat saya kesulitan dengan aplikasi Waze ini, ditambah saya tidak cukup mengerti untuk menggunakan aplikasi waze ini.

Kenapa Memilih Google Maps

Pertama saya sudah sangat terbiasa dengan menggunakan Google Maps untuk berpergian menggunakan sepeda motor ataupun mobil.

Tidak seperti saat awal-awal Google Map diluncurkan saya sering kesasar karena menggunakan aplikasi ini, tetapi tidak dengan sekarang Google Map jauh lebih pintar dan jarang sekali saya nyasar dengan Google Maps versi terbaru saat ini di tahun 2018.

Dulu pada saat awal-awal Google Map pada saya sudah mulai menggunakan tetapi sering sekali aplikasi error sehingga saya sering sekali kesasar gara-gara aplikasi ini.

Kedua yang membuat saya lebih memilih Google Map yaitu kita bisa mendownload peta secara offline, hal ini tentunya sangat berguna sekali untuk penghematan baterai ataupun agar handphone bisa bekerja lebih lama.

Walaupun untuk penggunaan map secara online sering sekali kita harus benar-benar mengikuti rute yang sudah ditetapkan, berbeda sekali dengan Maps yang online Jika kita tersetat maka maps akan menunjukkan jalan alternatif lainnya untuk dilewati.

Jika kita menggunakan Google Map secara offline, maka mau tidak mau kita harus benar-benar mengikuti rute yang sudah ditentukan oleh Google Map.

Jika kita tersesat kita harus benar-benar menemukan jalan yang berwarna biru pada tampilan Google Maps, sesuai dengan rute yang sudah diatur oleh Google Maps itu sendiri.

Tetapi ada kekurangan dari mode offline ini yaitu kita tidak bisa mendownload peta terlalu banyak, Berapa jumlah megabyte nya Saya kurang tahu tetapi Ketika saya mendownload peta dari Karawang sampai Pelabuhan Ketapang biasanya tertulis kan seperti di bawah ini.

Google Maps tidak Bisa mendownload peta terlalu jauh

Untuk mengakali hal tersebut saya tetapkan titik yang memungkinkan bisa didownload agar bisa digunakan pada mode offline.

Cara Menggunakan Google Maps Offline

Seperti yang sudah dijelaskan di atas bahwa Ketika anda ingin menggunakan Google Maps secara offline maka pastikan rute tujuan Anda tidak terlalu jauh, karena jika terlalu jauh maka rute tersebut tidak bisa digunakan.

1. Tentukan titik yang ingin dituju

cara menggunakan Google Maps secara offline

cara menggunakan Google Maps secara offline

2. Klik nama yang bertuliskan waktu dan jarak rute, lalu Scroll ke yang paling bawah.

menggunakan Google Maps offline

3. Anda akan menemukan tampilan seperti ini dan lalu pilih “save offline”

setting Google Map offline

4. Jika peta berhasil didownload Anda akan menemukan tampilan seperti ini.

cara download peta Google Maps online

Selesai Sekarang anda bisa mematikan data ataupun merubah handphone ke mode pesawat agar lebih hemat baterai dan perjalanan bisa lebih lancar.

Rute Perjalanan yang saya Gunakan

Seperti yang sudah saya jelaskan di atas bahwa Kami bertiga belum pernah sama sekali menuju ke Lombok dengan menggunakan sepeda motor ataupun kendaraan pribadi.

Oleh karena itu kami hanya mengikuti arah dari Google Maps aja, dan berikut ini screenshot atau tampilan dari Google Map berdasarkan jalur yang kita ikuti.

Perjalanan dari Karawang menuju pelabuhan Ketapang Banyuwangi

perjalanan dari Karawang ke Lombok

rute naik Vespa ke Lombok

rute perjalanan touring naik Vespa ke Lombok

Rute dari pelabuhan Gilimanuk Bali ke penyeberangan Pelabuhan Padang Bai

Rute dari pelabuhan Gilimanuk Bali ke penyeberangan Pelabuhan Padang Bai

Rute dari pelabuhan Gilimanuk Bali ke penyeberangan Pelabuhan Padang Bai

Rute dari Pelabuhan Lembar Pulau Lombok ke Pantai Kuta Lombok

Rute dari Pelabuhan Lembar Pulau Lombok ke Pantai Kuta Lombok

Rute dari Pelabuhan Lembar Pulau Lombok ke Pantai Kuta Lombok

Itulah rute yang kami gunakan dari Karawang hingga Pulau Lombok selama 3 hari, mengenai perjalanan kami pun pulang pergi selama 12 hari, dan akan kita bahas di postingan berikutnya.

Sampai jumpa di postingan berikutnya.

Foto tiba di Pantai Kuta Lombok selama menempuh perjalanan 3 hari menggunakan Vespa

Foto tiba di Pantai Kuta Lombok selama menempuh perjalanan 3 hari menggunakan Vespa

One thought on “Rute Pemberangkatan – Touring ke Lombok Menggunakan Vespa Part II

  1. Celana Sirwal

    Mas saya kan gunain google maps juga ya tapi setiap kali saya pusatkan dan tidak pusatkan itu jalurnya suka berubah sendiri jadi kaya ada 2 rute gitu. Itu gimana ya? Kan biasanya kalo di pusatkan itu lebih tepat ya cuma nanti berubah sendiri kalo offline

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.