Setting : Pengaturan Umum WordPress – Tutorial Dasar WordPress

By | 12/12/2013

Setelah kemarin saya membahas mengenai cara install WordPress di Hosting , kali akan membahas mengenai sesuai judul di atas, yaitu Setting pengaturan Umum WordPress, seperti biasa saya tidak akan banyak basa – basi jadi langsung saja kita bahas.

Setting Pengaturan Umum WordPress (General)

Pertama silahkan anda pilih Setting –> General, pada pengaturan pertama ini anda dapat mengubah Site Title, TagLine, dan lain – lain.

Sebenarnya kedua pengaturan ini yaitu Site Title dan Tagline bisa anda ubah pada Plugin SEO by Yoast dan mengenai hal ini akan saya jelaskan nanti, jadi Site Title itu adalah title atau keterangan suatu situs, jika misalkan situs anda mengenai komputer, maka ada baiknya anda membuat site title “Belajar Komputer Lengkap” atau lainnya.

Sedangkan Tagline yaitu deskripsi singkat suatu situs, seperti misalakan : “Belajar Komputer lengkap dengan panduan dari ahli, dan sebagainya..” kedua setting ini Site Title dan Tagline akan tampil pada Search Engine.

pengaturan umum wordpress

Site Title akan tampil pada search engine sebagai title tag, dan Tagline akan tampil pada seacrh engine sebagai meta description, dan ini lebih kompleks berhubungan dengan SEO, jika anda tidak tau apa itu SEO, silahkan simak disini.

Kemudian terdapat juga opsi Membership, opsi ini berfungsi sebagai penerimaan user baru pada situs WordPress anda, atau lebih jelasnya jika anda menchek atau mengaktifkan opsi ini, berarti anda telah mengijinkan orang lain menjadi user di situs anda.

Apa Fungsi User di Situs WordPress Kita?

Fungsi user pada situs WordPress memiliki lima jenis atau tingkat, seperti yang bisa anda lihat dibawah ini.

jenis user wordpress

#1. Subscriber : Yaitu jenis user yang hanya mensubscribe situs kita, user ini dapat membaca dan mengomentari posting, tanpa harus mengisi nama, email dan website. Kelebihan lainnya yaitu user ini dapat membaca posting private anda dan mengomentari posting yang kolom komentarnya sudah limit.

#2. Administrator : Ini adalah user raja dari segala user, administrator bisa dibilang pemilik situs dia mempunyai hak untuk mengganti tema, menghapus posting, menginstall plugin dan lain-lainnya. Saya sangat menyarankan anda jangan sampai membuat user sebagai administrator, kecuali memang kepada orang yang sudah anda percayai untuk memperbaiki situs anda atau hal lainnya.

#3. Editor : Seperti namanya user jenis editor dapat mengubah posting dan halaman pada situs anda, tidak hanya mengubah, user ini dapat mempublish atau menghapus halaman atau posting tanpa meminta persetujuan terlebih dahulu kepada administrator, selain itu editor juga dapa memoderasi komentar, mengupload file ke media, dan membuat atau mengedit kategori.

#4. Author : Jenis user ini hampir setingkat dengan editor tetapi user jenis Author hanya boleh mengubah, menghapus, atau menambahkan posting dia sendiri, selain itu author juga diperbolehkan mengupload file ke media, dan tidak berhak memoderasi komentar.

*User Author tidak dapat mengubah atau menghapus posting dari administrator.

#5. Contributor : User ini biasanya digunakan untuk mereka yang ingin guest post atau posting tamu, karena contributor hanya memiliki hak menulis dan mengedit artikelnya, dan tidak diperkenankan untuk mempublish artikel sebelum mendapatkan persetujuan dari administrator.

Jika saya ingin orang dapat menulis artikel mereka disitus saya, maka opsi membership ini wajib di aktifkan dan memilih user yang daftar menjadi Contributor, hal ini untuk memastikan situs kita aman dan baik-baik saja. Sedangkan sebaliknya jika saya tidak ingin orang menulis di situs saya, maka opsi membership jangan sekali diaktifkan.

anda juga dapat melihat pengaturan general yang saya lakukan disini

Setting –> Writing

Pada pengaturan Writing biasanya saya tidak mengubahnya sama sekali jadi biarkan saja default.

Setting –> Reading

kemudian lanjut pada pengaturan Reading, dipengaturan tersebut anda bisa mengubah halaman mana yang akan di tampilkan di home page atau halaman awal.

Kemudian anda juga bisa mengatur berapa jumlah posting yang dapat ditampilkan pada home page.

Setting –> Komentar

Untuk setting komentar atau Discussion akan saya bahas pada posting selanjutnya karena hal ini bersifat lebih kompleks dan cukup banyak opsi yang akan di bahas.

Setting –> Media

Pada pengaturan media, seperti biasa saya tidak pernah mengaturnya dengan apapun jadi biarkan saja default.

Setting –> Permalinks

Pengaturan permalink agar lebih SEO Friendly alangkah baiknya, hanya menggunakan post name seperti yang saya lakukan.

setting wordpress

Jangan lupa menyimpan hasil pengaturan dengan mengklik “Save Changes”, Saya rasa sekian dulu posting singkat ini, semoga dapat membantu dan jangan lupa subscribe untuk mendapatkan artikel atau tutorial WordPress lainnya, jika ada pertanyaan jangan sungkan kontak saya atau komentar dibawah ini.

12 thoughts on “Setting : Pengaturan Umum WordPress – Tutorial Dasar WordPress

  1. znnisa~ hunnie^

    Mas, mau tanya kok do pengaturanku gak ada permalink-nya sih?

    Sumpah bingung bangggeeet.

    Trus, setiap aku buat postingan itu kalau di cari yang muncul nama blognya dulu. Bukan judul postingannya. .

    Gimana ituu?

    Bantuiin pleaseee

    Reply
    1. Rudi Nazar Post author

      ada mas di menu setting>> permalinks, maksud mas dicari dimana? di google apa dimana?

      Reply
  2. resti

    Hai gan
    tanya dong..
    kalau mau tambahin deskripsi singkat website gimana ya?
    misalnya site title : Griya Ayu
    Deskripsi singkat : Toko Obat Herbal

    Aku sudah mengganti di site title dan tagline di general
    tapi yang muncul hanya nama site title nya saja Griya ayu ketika penelusuran digoogle
    deskripsi Toko obat herbalnya ngga muncul
    gimana gan?

    tolong dibantu yaa
    Reply

    Reply
    1. Rudi Nazar Post author

      Agan bisa ganti title tag, dan meta description situs agan pake plugin SEO by Yoast, setting di Titles & Metas, nanti saya buat tutorialnya.

      Reply
  3. lukman

    halo empu http://www.rudinazar.com/

    tutorialnya membuka wawasan, sangat membantu

    ada yang mau saya tanyakan mas, tapi keluar dari topik di atas
    saya bikin gallery di wordpress dengan nama lookbook, pas saya msuk ke halaman lookbook ternyata judul lookbook-nya double mas, untuk mengatur itu biar satu dmna ya/gmna caranya?

    thankyu mas

    Reply
    1. Rudi Nazar Post author

      Sebelumnya mas membuat gallery di wordpress menggunakan apa?

      Reply
      1. lukman

        ๐Ÿ™‚ problem resolved mas, ternyata salah di layoutnya aja

        saya pake produk theme forest mas

        makasi loh mas ๐Ÿ™‚

        Reply
  4. beni

    terima kasih gan pelajarannya saya ikuti terus ah biar bisa kbetulan web saya wp tapi masih bingung bgt maklum gw cuman punya doang … hehehe terima kasih telah berbagi gan

    Reply
    1. Rudi Nazar Post author

      sip gan, kembali kasih.. ๐Ÿ˜€

      Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *