Top
trip menggunakan vespa

Mini Trip yang Gagal, Karawang – Bogor – Subang

Perjalanan minitrip pertama sekaligus pembuatan video ala-ala nge-vlog atau dokumenter apalah, saya berencana melakukan perjalanan touring kecil dari karawang menuju bogor terlebih dahulu, setelah itu lanjut ke touring bareng komunitas warna-warni vespa menuju pangalengan bandung.

Rencana berpikir sepertinya perjalanan ini akan berjalan dengan lancar dan juga mulus sesuai dengan yang diharapkan, akan tetapi kenyataan berkata lain.

Memulai Perjalanan

Pagi itu 17 April 2019 bertepatan dengan pemilu presiden dan juga lainnya, saya mempersiapkan motor excel atau yang diberinama lauren ini, persiapan dilakukan sendiri mulai dari cek karbu, bersih-bersih mesin, dan serangkaian pengecekan mesin ala kadarnya sesuai yang saya bisa. Intinya saya prepare motor ini sebelum melakukan perjalanan.

prepare perjalanan vespa

Perjalanan kali ini saya akan ditemani oleh ijot, teman yang juga seorang mekanik vespa, lumayanlah buat jaga-jaga dan juga biar ada teman buat gantian bawa motor, rencana kami akan memulai perjalanan dari karawang menuju bogor terlebih dahulu pada malam hari, untuk istirahat yang nantinya ke esokan harinya tanggal 18 april mulai melakukan touring bersama warna-warni vespa.

Namun perjalanan malam menuju bogor gagal karena ijot masih menservis dua vespa yang belum kelar, ya akhirnya kami memutuskan untuk berangkat pagi hari.

servis vespa ijot

Pagi hari tiba akhirnya sayapun mulai melakuakn perjalanan dari karawang menuju sentul, tujuan sentul ini yaitu mengunjungi teman dan juga untuk istirahat, karena ternyata touring barengnya itu berangkat pada tengah malam, tanpa disangka saat sampai di sentul ternyata vespa yang kami tunggangi mengalami trouble yaitu ngejim atau ngeket alias mati mendadak.

Biasanya vespa ini kalo ngejim cukup diselah sekali atau dua kali sudah bisa hidup kembali, akan tetapi kali ini berbeda vespa masih tidak mau hidup, dan kompresi pada blok seketika hilang, saya sudah berpikir akan ada masalah besar.

Mencoba memperbaiki di jalan sentul, tetapi tidak mau hidup, hal yang sudah dilakukan mulai dari bongkar busi, setting karbu, dan vespa masih tidak mau hidup, pada akhirnya, saya mentelpon kawan untuk di jemput, untuk tinggal beberapa menit lagi kami sampai tujuan di sentul, jadi tidak terlalu jauh.

vespa trouble di sentul

Setelah di jemput dan vespa pun di stut sampai dirumah teman, kami mulai membongkar mesin, usut punya usut ternyata terkendala terjadi pada blok head yang dimana lubang businya jadi slek, solusi untuk permasalahan ini yaitu ada dua, pertama ke bengkel bubut perbaiki drat busi, atau kedua cari blok head baru atau copotan di bengkel vespa.

Saya lebih memilih solusi nomor dua karena terdengar lebih mudah, mulai melakukan pencarian blok head menuju salah satu bengkel di daerah bogor, ternyata dia tidak mempunyai stok blok head, kamipun sedikit ngobrol, tukang bengkel menyarankan untuk membawa blok head ke bengkel bubut karena masih bisa diperbaiki dan tidak memakan waktu yang lama, mengingat malam itu kami harus pergi menuju pangalengan.

mendatangi bengkel bubut, blok head dikerjakan dengan cepat, saya pun pulang kembali ke rumah teman di sentul dengan membawa blok head yang sudah diperbaiki, selesai memasang blok head, ternyata vespa masih tidak mau menyala, wadawwwww….

Saya mulai bingung dan waktu itu sudah pukul 5 sore, dan malampun hampir datang.

motor vespa excel mogok

Setelah diskusi dengan teman-teman yang akan juga ikut touring, akhirnya saya memutuskan untuk menggunakan motor vespa satu lagi yang untungnya saya taro di bengkel teman, di daerah depok, vespa ini tadinya mau dibawa touring juga oleh teman saya Fadli, akhirnya saya-saya juga yang pake 😀

Berangkat ke depok, dan bertemu dengan vespa exclusive putih bernama laura, vespa ini sebenarnya kurang sehat juga, karena settingan karbu yang error masih belum nemu2 setingan yang pas, tapi mau tidak mau karena tidak ada motor lain akhirnya saya menggunakan motor ini bersama ijot.

Mulai Berangkat Touring Menuju Pangalengan

Perjalanan touring waktu itu dimulai pukul 11 malam, start dari depok bersama teman2,

vespa exclusive putih

Baru sampai cisarua ternyata vespa yang saya tunggangi bersama ijot mengalami trouble kembali, seperti yang saya bilang vespa ini masih error karena settingan karbu dan entah mesin yang memang bermasalah. malam itu kami menghabiskan waktu untuk memperbaiki vespa ini, sampai tidak terasa pagi hari sudah tiba, dan motor masih tidak mau menyala, akhirnya saya memutuskan untuk balik kanan, dan mengirim motor ke sentul tempat dimana vespa excel pun trouble disana.

Sementara teman-teman yang lain melanjutkan perjalanan mereka ke pangalengan.

vespa trouble di cisarua

Saya dan ijot mulai diskusi, tentang motor mana yang akan di perbaiki, setelah berpikir cukup lama akhirnya kami memutuskan untuk memperbaiki motor excel karena sepertinya trouble masih bisa diatasi, saya dan ijot mulai membongkar blok, dan ternyata mulai ketemu permasalahan yang membuat motor ini tidak mau menyala, yaitu blok lecet dan piston pun kemakan.

trouble piston vespa

Solusi untuk hal ini saya harus mencari toko sparepart vespa dan bengkel bubut untuk mengkorter blok, untuknya ada motor seorang teman saya dan ijot mulai berburu mencari piston baru dan juga bengkel bubut, menuju kota bogor akhirnya kami temukan bengkel yang menjual piston vespa dan bengkel bubut pun tidak jauh dari sini.

Senang sekali rasanya, kamipun pulang kembali ke sentul dengan keadaan yang cukup lega, sore menjelang malam kami tiba di sentul dan akhirnya harus memperbaiki motor pada malam harinya.

piston baru vespa

Sekitar 2 jam memasang blok dan piston kembali akhirnya motor mau menyala, ahhhh.. senang sekali rasanya

motor menyala kembali

Tapi malam itu kami berdua sangat lelah sekali dan akhirnya memutuskan untuk beristirahat dan akan melanjutkan perjalanan kembali pada pagi hari.

trip menggunakan vespa

Pagi hari sudah tiba, dan hari itu harusnya kami sudah berangkat dari pangalengan menuju subang untuk menghadiri acara peresmian Scooterist Terabas Malam, namun kenyataan berkata lain dan kami masih berada disentul, tidak memungkinkan untuk menyusul teman2 warna-warni vespa ke pangalengan, akhirnya kami memutuskan untuk gas menuju subang saja.

lanjut Menuju Subang

Memilih jalur sesual google maps, kami dibawa melalui gunung batu, menuju cianjur dan purwakarta, lalu masuk ke subang, tidak ada masalah besar saat diperjalanan hanya motor yang ngejim 2 kali akan tetapi masih bisa hidup kembali.

Perjalanan waktu itu dimulai pada siang hari dan kamipun tiba dipurwakarta pada sore hari, lalu lanjut menuju subang pada malam harinya.

touring vespa

Sampai di wanayasa purwakarta pada sekitar pukul 8 malam, kami memutuskan untuk menunggu teman2 dari karawang yang juga sedang melakukan perjalanan dari karawang, pada akhirnya bertemu juga dengan mereka, senang sekali rasanya, setelah melakukan perjalanan yang cukup panjang, akhirnya kami kembali bertemu dengan teman-teman.

Dan kamipun melakukan perjalanan bersama menuju subang, pada akhirnya tiba di tujuan capolaga subang pada pukul 10 malam, dan mulai menikmati acara sampai pagi harinya.

Pelajaran yang saya ambil dari minitrip pertama ini yaitu betapa pentinga prepare saat akan melakukan touring dan tidak mensepelekan sesuatu seidikit pun, sekian dan sampai jumpa di perjalanan saya selanjutnya, tonton video dibawah ini untuk lebih jelas visualnya, dan jangan lupa untuk like dan subscribe 😀

Salam Adventure

Pemuda yang suka Adventure dan Traveling dengan kendaraan Roda Dua, mempunyai mimpi untuk terus explore tanpa batas dan berbagi momen melalui tulisan dan konten di Blog ini.

No Comments

Post a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.