Hukum Islam Tentang Software Bajakan

By | 09/02/2015

Postingan kali ini saya akan sedikit membahas mengenai Hukum Islam Tentang Software Bajakan dan semoga tulisan ini juga bisa membuat anda sadar tentang hukum islam menggunakan software bajakan.

Hukum Islam Tentang Software Bajakan

Saya pribadi jujur dari pertama mengenal komputer saya tidak peduli dengan sebuah software, baik itu sofware gratisan maupun software bajakan.

Namun beberapa hari yang lalu saya sadar karena membaca sebuah artikel yang di tulis oleh mas Rizky Djati Munggaran di blognya yang juga bisa anda baca disini.

Dari membaca artikel tersebut saya mulai sadar alangkah tidak baiknya menggunakan software bajakan, karena sama hal nya dengan kita mencuri.

Seperti contoh, misalkan anda seorang pekerja keras atau pembuat software yang handal, anda bekerja keras siang dan malam untuk membuat software yang super canggih dan bagus.

katakan saja anda berhasil membuat software tersebut dalam kurun waktu 1 tahun, setelah itu software tersebut mulai anda pasarkan.

Akan tetapi banyak orang diluar sana yang membajak atau mendownload software anda sesuka hati tanpa mereka pedulikan siapa pembuatnya.

Tentu hal tersebut pasti akan sangat sakit rasanya, kita sudah berjuang mati-matian sementara orang lain menikmatinya dengan cuma-cuma.

Simak juga video singkat mengenai hukum islam tentang software bajakan dibawah ini.

Semuanya sudah jelas bahwa menggunakan Software bajakan itu Haram dan sama saja kita mencuri dan sudah ada fatwa MUI yang bisa anda baca disini.

Sekian posting singkat yang insyallah dapat bermanfaat banyak untuk anda, saran terbaik saya segera menggunakan software yang ilegal atau open source.

Baca disini mengenai hukum islam menngunakan software bajakan lainnya :

https://ridjam.wordpress.com/2013/12/20/ketika-membajak-software-sudah-tidak-merasa-berdosa/
http://www.konsultasisyariah.com/penghasilan-dari-software-bajakan/
http://al-qodhi.blogspot.com/2013/06/hukum-fatwa-mui-penggunaan-software.html

One thought on “Hukum Islam Tentang Software Bajakan

  1. Kolong PIKIR

    saya rasa ini hanya masalah kebijakan negara terkait uu hak cipta.
    sebenarnya kalau mau warga negaranya pintar-pintar ya harus didukung, salah satunya dengan open source sebagai solusi 🙂

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *