WordPress Self Hosting – CMS yang bagus untuk SEO

By | 03/11/2013

Topik kali ini saya akan membahas mengenai WordPress yang merupakan CMS (Content Management System) yang bagus untuk SEO (Search Engine Optimization) dan banyak digunakan oleh Pakar SEO untuk membangun situs mereka.

Perkenalkan, ..WordPress

cms yang bagus untuk seo

WordPress adalah sebuah layanan penyedia Blog Engine yang bersifat Open Source alias GRATIS!! yang dibangun dengan bahasa pemprograman PHP, DataBase, dan MySQL. selain itu WordPress juga menciptakan sebuah CMS (Content Managemen System) atau orang biasa menyebutnya WordPress self hosting, yang sangat mudah untuk dibuat dan di modifikasi sesuai kebutuhan kita.

Perbedaan WordPress.com dan WordPress.org

WordPress menyedikan dua alamat yang berbeda yaitu wordpress.com dan wordpress.org.

WordPress.com merupakan layanan Mesin Blog gratis tanpa memerlukan hosting untuk membuatnya, sama halnya seperti Blogger, yang dibutuhkan untuk membuat Blog dari wordpress ini hanyalah sebuah email.

Kemudian anda juga dapat memodifikasi blog tersebut menggunakan fasilitas yang sudah disediakan, akan tetapi kekurangan dari WordPress.com sendiri yaitu anda tidak bisa menambahkan asesoris apapun seperti Plugin atau mengganti Themes selain dari yang sudah disediakan.

WordPress.org Merupakan situs yang menyediakan CMS WordPress yang sudah siap didownload, dan di install pada hosting. Selain menginstall WordPress pada Hosting, anda juga dapat mengintall WordPress pada komputer sendiri, dengan menggunakan aplikasi seperti Xampp atau Wamp.

Intinya aplikasi kedua tadi hanya mengijinkan anda untuk menginstall WordPress pada komputer dan tidak terkoneksi dengan internet atau istilah yang lebih mudah dipahami yaitu sebagai emulator hosting offline.

Kenapa WordPress Menjadi CMS yang Bagus untuk SEO

Ingat kembali, Hal yang akan saya bicarakan ini adalah WordPress dari WordPress.org, atau WordPress Self Hosting.

wordpress seo

Pertama WordPress self hosting di khususkan untuk pengembang (developer), karena di jaman sekarang untuk membuat website yang mempunyai desain menarik sangatlah mudah, hanya dengan menginstall WordPress ini pada Hosting kemudian dengan sedikit modifikasi Tema, maka jadilah sebuah website yang super keren seperti website saya ini :D.

Kedua WordPress mengijinkan kita menginstall PlugIn yang mempunyai fungsi yang berbeda, termasuk plugin WordPress SEO seperti buatan yoast.

Faktor yang menjadikan WordPress menjadi CMS yang sangat bagus untuk SEO adalah karena tersedianya Plugin yang dibutuhkan untuk mengoptimasi situs atau (On Page SEO), sehingga akan mudah membuat situs anda bertengger ranking #1 di Google.

Tak hanya bagus untuk SEO, WordPress juga sangat banyak digemari dan digunakan oleh perusahaan maupun perorangan seperti Situs PLN yang tak lain menggunakan CMS WordPress (http://www.pln.co.id/) dan situs Perusahaan PT.HEBEL Indonesia yang juga menggunakan WordPress (http://www.hebel.co.id/).

Tak kalah penting lainnya adalah situs saya juga menggunakan WordPress :D,

Ketiga WordPress mempunyai Fasilitas Trackback dan Pingback. Juga memiliki kemampuan untuk melakukan otomatis Ping (RPC Ping) ke berbagai search engine dan web directory, sehingga website yang dibuat dengan WordPress akan lebih cepat ter index pada search engine.

Update Video Tutorial Pertama Saya Mengenai Pengenalan WordPress

Lalu bagaimana dengan anda? apakah situs anda juga menggunakan WordPress atau Platform lainnya. Silahkan berbagi pada komentar dibawah.

14 thoughts on “WordPress Self Hosting – CMS yang bagus untuk SEO

  1. afrid fransisco

    berarti saya bisa menyimpulkan kalau menggunakan WordPress Self Hosting itu sangat Friendly SEO ya. hem. keren juga ๐Ÿ˜‰

    Reply
  2. Ardi

    Itu yang saya suka dari wordpress self host. 3 dari banyak situs saya menggunakannya.. Bisa di modif sesuka hati, cuma kadang servernya sering down gara gara terlalu agresif memakainya heee..

    Reply
  3. cemple

    Saya suka tema agan.. Sangat bagus di lihat dari ponsel, boleh tau apakah ini tema premium gan..

    Reply
    1. Rudi Nazar Post author

      ini bukan themes premium gan, hanya gratisan

      Reply
  4. cemple

    Sudah saya lihat gan mantep2 memang temanya, oh ya sebenarnya keunggulan dari tema premium itu apa ya gan?

    Reply
    1. Rudi Nazar Post author

      banyak gan, pasti lebih dari free, seperti SEO Friendly, konten atau opsinya lebih banyak, dan biasanya cepat untuk loading, dan pasti masih banyak lagi keuntungan yang mungkin tidak saya ketahui ๐Ÿ™‚

      Reply
  5. cemple

    Saya ingin sekali ngeblog pakai wordpress.. Coba gan saya minta saran agan karena begitu banyaknya tema wp yang tersebar sampai bingung saya milihnya, tema wp yang cocok untuk blog pribadi, memiliki navigasi yang seo frandly, ads ready. Kurang lebih nya seperti itulah gan

    Reply
  6. Dwi Sugiarto

    Rasanya Cape nih pake blogcepot traffik segitu-gitu saja jadi penasaran pake WP self hosting yang bisa pake plugin SEO.Kendalanya harus repot dikit buat beli domain dan hosting belum lagi settingannya yang tidak semudah blogcepot.Ditunggu nih tutorial lengkapnya dari membeli domain(Kalo bisa lokal yg murah) sampai hosting settingannya sampai Online.

    Reply
  7. gie

    terima kasih gan atas informasi ini saya menjadi sedikit mengerti perbedaannnya…

    Reply
    1. Rudi Nazar Post author

      nanti saya buatkan panduan lengkapnya mas, hanya sekarang lagi banyak kesibukan aja, jadi belum sempat ๐Ÿ˜€

      Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *