Cara SEO Toko Online Untuk Memaksimalkan Keuntungan Usaha Anda

By | 08/06/2014

Bagaimana sih cara SEO toko online? Pertanyaan tersebut yang sebenarnya sering saya terima dari sebagian pengunjung setia blog sederhana saya ini.

cara seo toko online

Begitupun pada kesempatan kali ini saya akan sedikit menjelaskan kepada anda khususnya para pengusaha bisnis e-Commerce, tentang bagaimana ataupun dasar apa saja yang harus dilakukan untuk mengoptimasi toko online anda sehingga bisa ranking di Google dan tentunya mendapatkan banyak order, jadi yuk.. langsung saja kita kepembahasan.

Cara SEO Toko Online Yang Baik dan Benar

Perlu anda ketahui bahwa sebenarnya cara SEO website dengan cara SEO toko online yang saya jelaskan kali ini, merupakan hal yang tidak jauh berbeda alias sama, dan hal tersebut tidak jauh dari faktor yang harus anda perhatikan, diantaranya yaitu.

On Page SEO Untuk Halaman yang Lebih Relevan

SEO dengan platform seperti apapun dan bagaimanapun tidak akan jauh dengan yang dinamakan On Page SEO, karena memang kenyataan, bahwa teknik yang satu ini sangat wajib anda terapkan pada situs eCommerce maupun situs anda yang lainnya.

Bagaimana cara melakukan On Page SEO pada Toko Online?

Keyword Target

Keyword Target merupakan hal yang sangat penting untuk anda terapkan ketika mengoptimasi suatu halaman produk di situs toko online anda, dan sebenarnya hal ini juga yang sangat jarang diterapkan oleh pemilik toko online, karena pada umumnya mereka hanya menuliskan keyword yang hanya sesuai dengan produk yang mereka jual, dan tidak sesuai dengan keyword yang paling banyak di cari orang.

Kemudian hal yang harus anda lakukan untuk memperbaiki hal diatas yaitu.

#1 Melakukan Riset Keyword Produk Anda

Seperti misalkan anda menjual barang “kaos anak-anak“, selanjutnya silahkan anda melakukan riset keyword di Google Planner, dengan keyword seperti diatas.

Jika anda belum tau bagaimana cara melakukan riset keyword silahkan tonton video dibawah ini, atau lihat panduannya di cara riset keyword.

Setelah melakukan riset keyword dan anda menemukan keyword yang dicari dan keyword tersebut sesuai dengan yang paling banyak diketikan orang di google, langkah selanjutnya yaitu anda hanya perlu menerapkan keyword yang sudah di riset tadi kedalam halaman anda, dan menjadikannya sebagai Title Tag, Meta Description, Deskripsi produk anda, dll.

Seperti misalkan, anda melakukan riset keyword kemudian menemukan keyword yang paling banyak di cari orang seperti “jual kaos anak murah” maka alangkah sangat baiknya anda membuat title tag dengan keyowrd seperti itu, walaupun sebenarnya nama produk anda tidak terlalu sesuai dengan keyword tersebut.

Jangan lupa juga untuk menjadikan keyword tersebut sebagai meta description dan diterapkan di 7 faktor relevansi lainnya seperti yang sudah saya jelaskan di E-SEO.

#2 Membuat Relevansi dari Keyword Target

Ada beberapa hal yang harus anda lakukan untuk membuat halaman produk anda lebih relevan dan di cintai google, dan tentunya dengan menggunakan keyword yang telah di riset tadi.

#2.1 Membuat Title Tag SeRelevansi Mungkin

Seperti yang sudah saya katakan diatas, bahwa sangat baik sekali anda menggunakan title tag halaman anda dengan keyword yang ditarget.

Jangan lupa juga untuk membuat title tag tersebut menggoda, sehingga jika halaman produk anda ranking di google maka orangpun akan lebih tertarik mengklik situs anda.

Contoh title tag menggoda seperti “Jual Kaos Anak Super Murah dan Berkualitas DIJAMIN!”, dll.

#2.2 Menuliskan Keyword yang ditarget pada Meta Description dan Permalinks

Teknik sederhana yang tidak boleh anda lupakan yaitu dari meta description, kenapa? karena kebanyakan orang ketika mencari sesuatu di google, yang biasa mereka lakukan selain membaca title tag terlebih dahulu, pasti juga mereka membaca meta description.

Jadi pastikan anda membuat meta description dari keyword yang ditarget, dan buat meta tersebut menjadi menggoda sehingga orang ingin mengkliknya.

Selain menuliskan keyword yang ditarget pada meta dan title, anda juga jangan sampai lupa menuliskan atau menjadikan keyword tersebut sebagai URL atau permalinks.

Tidak peduli keyword tersebut long tail keyword / keyword dengan kata yang panjang, anda harus menjadikannya sebagai permalinks.

#2.3 Menerapkan keyword yang ditarget di 7 Faktor Relevansi

Selain menjadikan keyword yang ditarget seperti diatas, alangkah akan sangat baiknya jika anda juga menerapkannya di 7 faktor relevansi, dan ini sebenarnya sudah saya jelaskan detail di PREMIUM MEMBER E-SEO.

#3 Deskripsi Produk Dari Keyword Target

Membuat deskripsi produk pada toko online anda merupakan hal yang sangat wajib, selain hal tersebut dapat membuat halaman lebih relevan, juga dapat membuat pengunjung toko online anda lebih mendapatkan informasi yang maksimal karena deskripsi produk.

Ada beberapa Tips dari saya untuk memaksimalkan deskripsi atau detail dari produk anda.

Tips Membuat Deskripsi Produk

tips seo toko online

Berikut beberapa tips dari saya untuk membuat deskripsi produk anda lebih menarik dan relevan.

#1 Buat Deskripsi Menggoda dengan Kejujuran

Membuat deskripsi produk dengan super menggoda sangatlah penting, tetapi perlu anda perhatikan bahwa dalam membuat deskripsi produk tidak cukup dengan menggoda, tetapi anda harus melumurinya dengan kejujuran.

Karena dengan tersebut si pembeli tidak akan kecewa, dan dia akan merasa lebih nyaman, serta ada kemungkinan bahwa dia akan balik lagi kepada situs toko online anda untuk membeli sesuatu kembali.

JADI, intinya JUJUR itu merupakan modal utama dalam sebuah usaha dan awal dari kesuksesan.

Kemudian untuk membuat deskripsi produk yang menggoda, alangkah sangat baiknya anda dapat sangat berpikir kreatif, silahkan buat deskripsi sesuai dengan produk anda, beri keterangan yang mudah dipahami, jangan menyisipkan kebohongan sedikitpun, dll.

#2 Lengkapi Dengan Konten Yang Menarik

Jika anda menjual kaos anak, silahkan sisipkan gambar yang sesuai dengan kaos tersebut.

Berikan deskripsi dengan gambar yang bervariasi dan tentunya lebih menarik, jika perlu silahkan anda tambahkan video pada deskripsi produk tersebut.

#3 Mencontek On Page SEO Toko Online Lain

Jika anda mengetahui salah satu toko online yang mungkin sering ranking tinggi di google, atau bisa jadi toko online tersebut adalah saingan anda, kemudian anda berniat ingin mengalahkan toko online tersebut di SERP.

jangan khawatir..

Karena andapun pasti bisa mengalahkan pesaing tersebut, yaitu hanya dengan cara mencontek bagaimana pesaing anda melakukan optimasi pada situsnya tersebut.

Jika pesaing anda mengoptimasi on page SEO dengan maksimal, berarti anda harus lebih SUPER Maksimal, begitu juga sebaliknya jika pesaing anda memaksimalkan Off Page SEO.

Bagai mana caranya..

Cukup mudah, anda hanya perlu memperhatikan bagaimana pesaing anda melakukan optimasi pada produk atau halaman lainnya, apa saja yang dia terapkan dalam deskripsi produk, setelah anda mengetahui pesaing tersebut mengoptimasi hal apa saja.

Selanjutnya silahkan anda contek pesaing tersebut, dan terapkan pada situs anda, tetapi ada hal yang harus diperhatikan, bahwa jangan sampai melakukan duplicat content atau copy paste deskripsi dari situs toko online pesaing anda ๐Ÿ™‚ .

#4 Sisipkan Link yang Relevan

Seperti yang sudah saya jelaskan di posting sebelumnya maupun di premium member E-SEO, bahwa menyisipkan link pada suatu artikel maupun halaman sangatlah penting, karena hal tersebut dapat membuat halaman kita lebih relevan, dan tentunya membuat pengunjung situs kita lebih mudah untuk mendapatkan info yang lebih lengkap.

Seperti misalkan situs anda menjual produk seperti modem speedy, maka buat juga link menuju situs speedy tersebut.

Off Page SEO Untuk Situs Ranking #1 Google

cara off page seo toko online

On dan Off page SEO merupakan hal yang sangat menentukan suatu halaman situs dapat ranking atau tidak di google.

Jika anda sudah menerapkan on page SEO dengan sangat baik, maka jangan lupa untuk menerapkan off page SEO dengan super maksimal, karena faktor off page SEO atau backlink lah yang lebih besar dapat menentukan halaman kita ranking di Google.

Gunakan Strategi Backlink

Perlu anda ketahui bahwa sebenarnya anda tidak hanya butuh link yang banyak, tetapi anda butuh yang dinamakan strategi backlink, hal tersebut untuk membuat situs anda jauh dari penjara Google, dan tentunya akan membuat situs ranking tinggi di Google.

Ada beberapa strategi backlink yang bisa anda praktekan untuk situs anda, tetapi semuanya sudah saya jelaskan di Premium Member E-SEO ๐Ÿ™‚ .

Cara Mengoptimasi yang Sama

Perlu anda ketahui bahwa sebenarnya cara mengoptimasi suatu halaman blog dengan toko online merupakan hal yang sama, hanya mungkin berbeda platform.

Kemudian jika anda belajar disitus ini mengenai cara SEO website, maka perlu anda pahami bahwa hal tersebut merupakan hal yang memang sama dengan cara SEO toko online, hanya berbeda pada penerapannya.

Jika biasanya mengoptimasi blog langsung menulis artikel serelevan mungkin, begitupun dengan toko online, anda harus membuat deskripsi produk anda serelevan dan semenggoda mungkin, hal itu tak lain agar terciptanya situs atau halaman toko online anda ranking #1 di Google.

Nantikan Artikel Lainnya

Demikian artikel atau posting ini saya sudahi dulu ๐Ÿ˜€ karena malas ngetik, nantikan kembali post mengenai Tips dan Trik SEO dari Rudi Nazar.

Jika ada pertanyaan jangan sungkan untuk kontak saya atau berkomentar dibawah halaman ini.

19 thoughts on “Cara SEO Toko Online Untuk Memaksimalkan Keuntungan Usaha Anda

  1. Katalog ID

    dari awal sampai akhir ini yang berhasil saya tangkap yaitu intinya optimasi meta deskripsi sangat penting

    Reply
  2. iswandi

    toko online saingan saya tidak memiliki seo on page yang bagus tapi tiap produk yang dijualnya bisa masuk halaman 1 google bahkan rata2 peringkat 1-3 . produk yang dijualnya pun beragam sampai ratusan bahkan ribuan , gimana caranya produk2 tsb bisa masuk halaman 1 dalam waktu singkat ? sedangkan saya , satu produk / satu post bisa masuk pejwan saja butuh 3 bulan ?

    Reply
  3. Taufik

    Mas, cara gabung jadi member premium bagaimana ya?

    Reply
  4. internetmurah

    assalamualaikum….
    kang nazar saya sempat tertarik ama premium member E-SEO nya, kok malah di hapus ya, soale baru ada rezeki nih mas buat belajar E-SEO

    ada solusi kah kang buat saya, terima kasih atas jawabannya

    Reply
  5. ahmad rifay

    pak rudi saya mau tanya cara penulisan seo keyword yang benar utk postingan produk, bagaimana ya?

    Reply
    1. Rudi Nazar Post author

      yang pasti tidak over optimaze, cukup yang perlunya aja seperti heading, dll kalo di jelaskan semua bakal panjang banget ๐Ÿ™‚

      Reply
  6. very

    mas rudinazar ,itu yang strategi backlink di ajarin untuk Premium Member E-SEO , maksudnya gimana ? harus jadi member kah ?

    Reply
  7. Kuntoro Syarip

    Siiip …! saya ingin bisa dan sepandai Kang Rudi Nazar dalam SEO nya aaah ,… gimana caranya menampilkan produk yang saya jual ..? kalau search google dengan key words … sehat-fit .. pasti pejwan . Mohon sarannya . Trimsss

    Reply
  8. wira

    kalao untuk produk atau kategori itungan jari tangan masih mudah, tapi kalao udah mencapai puluhan subcat itu biasanya yang bikin susah niy mas ๐Ÿ™

    Reply
  9. laptop murah

    saya sudah mempunya KW on domain tapi blm bisa pejwan, mungkin harus banyak belajar dari kang rudi nih biar JOZZZ penghasilan saya

    Reply
  10. iswandi

    bagaimana pemilihan nama domain utk toko online yg berbagai jual produk tp mssih satu kategori ? contoh saya jualan prduk peralatan kantor , isinya ada pulpen , buku , dll

    Reply
    1. Rudi Nazar Post author

      coba seperti jualalattulis.com atau jualbuku.com saya sarankan untuk keyword riset dulu di google planner. terima kasih semoga membantu

      Reply
  11. Arla

    Terima kasih artikelnya.. Saya punya toko online dan masih belajar tentang SEO, sampai sekang saya masih bingung bagaimana caranya mendatangkan visitor.. mohon bimbingannnya

    Reply
  12. Pingback: Jasa Pembuatan Website Murah dan Profesional BUKTIKAN!!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *