Cara Saya Menulis Artikel dengan Imajinasi

By | 09/02/2015

Hai.. saya Rudi Nazar rasanya sudah lama kembali saya tidak posting di situs ini, mungkin karena banyak keperluan dan urusan ngurusin website http://www.indonesiaconsult.com, Oke.. pada kesempatan kali ini saya akan sedikit berbagi tips yaitu Cara Saya Menulis Artikel dengan Imajinasi.

Silahkan disimak tulisannya dibawah ini dan selamat menikamti πŸ™‚

Cara Saya Menulis Artikel dengan Imajinasi

Cara Saya Menulis Artikel dengan Imajinasi

Menulis merupakan sesuatu yang wajib dilakukan oleh seorang blogger, pasalanya kalau seorang blogger gak doyan nulis lantas mau diapakan blognya tersebut πŸ™‚

Saya sempat menulis sebuah posting atau artikel yang didalamnya itu terdapat sebuah kalimat “artikel yang baik itu adalah artikel yang mempunyai 500 – 1000 kata atau bahkan lebih“, dan ketika awal saya mengenal blog jujur saja, saya selalu nulis sampai dengan 1000 kata, dan.. YA.. hal tersebut membuat saya lelah, karena waktu dulu saya tidak doyan nulis seperti sekarang.

Jadi dulu saya harus menghabiskan waktu untuk menulis sebuah artikel kisaran 3 jam bahkan setengah hari untuk benar-benar mendapatkan 1000 kata atau lebih, tetapi dari hal tersebut memang besar manfaatnya.

Karena artikel saya yang mempunyai lebih dari 1000 kata tersebut terus bertengger di pejwan tanpa saya optimasi lagi, jadi hasilnya memang gurih-gurih nyoi.. πŸ˜€

Dibawah ini juga akan saya berikan Tips yang saya lakukan pribadi untuk menulis artikel yang panjang, original dan tentunya sungguh cantik dimata mbah google, bisa dibilang cantik dimata mbah google karena artikel yang kita buat betul-betul original tanpa sentuh tangan siapapun, alias masih perawan jadi si google itu suka πŸ˜€

Menulis Artikel Berdasarkan Hasrat

Pernahkah anda menulis artikel tidak berdasarkan hasrat, atau anda disuruh menulis artikel tertentu yang tidak anda sukai, jika IYA saya jamin anda tidak akan senang menulis artikel tersebut anda akan merasa sangat terpaksa menulis artikel tersebut.

Betulkan…

Begitu juga dengan saya, ketika ada orang yang menyuruh membuat artike mengenai topik yang tidak saya sukai atau tidak saya ketahui, maka tentunya saya akan sangat malas membuat artikel tersebut dan alhasil sangat sulit tercapai membuat artike yang cantik dan disukai mbah google seperti yang sudah saya jelaskan tadi diatas πŸ™‚

Berbeda ketika saya menulis artikel sesuai dengan hasrat sendiri, dijamin artikel atau postingan tersebut akan panjang dan bisa melebihi ribuan kata, plus original dan sangat cantik sehingga si mbah pun terpesona.

Jadi pastikan anda menulis sesuai hasrat atau sesuai dengan topik yang sedang anda sukai πŸ™‚

Mengalir Seperti Air di Sungai

Menulis dengan menggunakan imajinasi, atau khayalan merupakan hal terbaik yang bisa anda lakuakan, sembari anda berimajainasi atau mengkhayal anda tumpahkan imajinasi tersebut pada sebuah tulisan atau lukisan, dan hal tersebut juga yang biasanya orang bilang SENI.

Jadi tips untuk menulis yang baik ala Rudi Nazar πŸ™‚ ketika anda berimajinasi mulailah menulis sepanjang apapun sampai imajinasi anda terhenti, dan biasanya itulah yang selalu saya lakukan, yah.. walupun tulisan saya gak bagus-bagus amet.

Cari Suasana Pas untuk Menulis

Kalau saya pribadi biasanya akan muncul ide atau imajinasi ketika berada pada suasana yang pas, baik itu suasana hati, tempat ataupun yang lainnya.

Seperti misalkan saya sedang berada dikamar sendirian, biasanya imajinasi selalu datang menghapiri saya dan saya selalu tuangkan imajinasi tersebut dalam sebuah tulisan.

Maka dari itulah menurut saya bahwa suasana yang “PAS” sangat mempengaruhi anda bisa menulis dengan baik atau tidak, seperti sekarang saya sedang gak ada kerjaan jadi meluangkan waktu yang pas untuk menulis artikel ini.

Menulis Seperti Berbicara

Ini merupakan tips atau bagian yang penting, dimana yang biasanya saya lakukan ketika menulis sebuah artikel atau posting, biasnya saya sambil berbicara di dalam hati, dan mungkin itu juga yang sering anda lakukan.

Nah.. alangkah baiknya ketika anda sedang berbicara di dalam hati, ada baiknya berbicara anda tersebut seolah-olah sedang mengobrol biasa bersama teman maupun keluarga anda.

Maka dari itu anda bisa meluapkan semua pembicaraan atau obrolan anda pada sebuah tulisan.

Sekian Dulu ya…

Oke.. saya rasa sekian dulu untuk postingan kali ini semoga bermanfaat, jika ada yang ingin disampaikan, jangan sungkan berkomentar dibawah, asalkan komentarnya jangan SPAM, kalo spam langsung saya tendang tanpa ampun πŸ˜€

Terima Kasih dan Salam
RudiNazar.com

15 thoughts on “Cara Saya Menulis Artikel dengan Imajinasi

  1. BANDAR KAOS

    Terimakasih atas saran dan tips nya mas Rudi, semoga menginspirasi saya dan banyak orang di luar sana untuk menjadi penulis yang produktif.

    Reply
  2. sukand iart

    bagaimanakah suhu membuat sebuah blog hehehe

    Reply
  3. Tinta Murah Surabaya

    Saya sering sekali mengalami kebingungan dalam membuat konten nya mas, sering mencari sumber informasi sana sini dan merangkumnya, tapi setelah saya baca ulang artikelnya kurang enak dibaca, jadi radak melebar ?
    Saya pengen banget bisa nulis kayak mas yang panjang namun tidak melebar dan fokus membahas suatu topik, dan yang paling ingin saya kagumi dari tulisan mas adalah tulisanya lengkap banget, kalau saya masih mikir mikir β€œKalau nanti saya tuangkan disini semua, kedepan nya saya malah bingung mau posting apa, lebih baik dipecah pecah saja lah” itu yang ada dalam pikiran saya saat mau nulis artikel panjang ?
    ya memang ini salah satu kelemahan saya, kalau menurut mas, ada tips terbaik yang bisa saya terapkan,,?
    Terima kasih sebelumnya

    Reply
  4. stephanus christiono

    Mantap nech.. komplit.. cuma apa benar ya kalo di atas 1000 kata, terus tanpa di optimasi SEO bisa lebih mudah nangkring di pejwan..
    maaf, masih nubie soalnya..

    Reply
  5. Achmad Burhanuddin

    Sipp mas, Artikelnya…. buat referensi bagi saya yang memulai untuk mendalami ilmu menulis di website πŸ™‚ Salam Website πŸ™‚

    Reply
  6. Jetendra

    Terima kasih pak atas infonya, saya akan coba terapkan di Web saya. Semoga dapat berjalan dengan lancar dan sukses. Mohon bimbingannya pak. πŸ™‚

    Reply
  7. Kolong PIKIR

    memulai menulis memang berat ya mas… apalagi kalau tidak terbiasa…
    padahal yang saya alamai selama ini, kalau sudah menulis biasanya ide itu mengalir terus kayak air…
    jadi jangan sampai kalah dengan malas untuk memulai menulis…
    Salam, KOLONG PIKIR

    Reply
  8. ibrahim

    menulis itu indah ya mas kalau dilakukan dengan imajinasi dan gerakan penelusuran hati (ceile, bahasa fikinisasi ni), salam kenal ya πŸ˜€

    Reply
  9. oescar

    Hahahaha.. Sama nih kayak sama mas, kadang klo saya lg ngopi duduk dapat imajinasi langsung buru2 saya tulis di hp biar ga lupa… Nanti baru dilanjut, intinya sih kreatifitas lahh

    Reply
  10. Ais elkiram

    kayak nya benar juga gan , ane juga kalau nulis kayak ane anggap ajah lagi bicara sama orang gitu … sehingga semua mengalir .. tapi kayaknya harus banyak belajar dari agan dah ,soalnya ne postingan rapih banget … semua sub title di tata secara berurutan …bagus banget , dengan bahasa yang tidak terlalu formal tapi enak di baca …

    Reply
  11. gempa

    mas rudi. mau sedikit curhat dan minta pendapat. saya berencana bikin blog dengan nama komunitas dengan tema tentang petualangan alam dan segala pernak perniknya.tapi saya juga mau blog itu memberi atau berbagi ilmu, misalnya saya mau menulis artikel tapi saya rangkum dari buku atau website yg saya baca apakah harus menyertakan sumber? dan apakah itu berpengaruh pada SEO nantinya? dan klo mau nambahin gambar dengan spinning tool gmn? berpengaruh juga kah?. maaf terlalu panjang.. super duper newbie soalnya.

    Reply
    1. Rudi Nazar Post author

      kalo di SEO itu yang penting artikelnya original, jangan sampai copas, gapapa gak nulis sumber juga asalkan kita menulis ulang artikel tersebut dengan cara kita sendiri, kalo full copas baru di kasih sumber πŸ™‚

      Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *