Cara Riset Keyword Terbaru Menggunakan Google Planner

By | 25/10/2013

Cara Riset Keyword menggunakan tools Google Planner. Sebelumnya kemarin kita telah membahas mengenai Dasar SEO, dan sekarang kita akan belajar cara melakukan riset keyword. Sebelum lanjut lebih detail, saya ingin sedikit menjelaskan terlebih dahulu mengenai pengertian Riset Keyword dan fungsinya.

Pengertian Riset Keyword

Riset Keyword adalah suatu teknik untuk MENEMUKAN keyword/kata kunci yang relevan dan paling banyak di ketikan atau dicari orang pada Search Engine seperti Google, Bing, atau Yahoo.

Contoh kata kunci yang paling banyak di cari orang pada Google seperti “bisnis online” yang mempunyai hasil pencarian dan konten yang sangat banyak sampai lebih dari 20 juta.

cara riset keyword

Andapun harus berjuang tinggi jika menginginkan ranking untuk kata kunci tersebut karena super kompetitif, ditambah banyak situs yang di iklankan google muncul pada hasil pencarian kata kunci tersebut.

saya harap anda mengerti pengertian dari riset keyword ini, ya.. intinya riset keyword itu hanya mencari kata kunci yang anda target dan paling banyak diketikan orang di Google.

Fungsi Riset Keyword

Jika anda berfikir kreatif, saya yakin anda sudah mengetahui dari fungsi riset keyword ini, dan ya.. fungsinya yaitu mencari keyword yang mempunyai hasil pencarian yang tinggi untuk di jadikan target keyword seperti dibuat judul posting atau nama domain, seperti judul post ini,”Cara Riset Keyword” yang merupakan kata kunci yang saya target karena mempunyai hasil penelusuran perbulan yang lumayan tinggi.

Selain itu riset keyword dapat menghasilkan puluhan hingga ratusan kata kunci relevan yang ingin anda target, sehingga hal ini dapat membuat situs anda dikunjungi banyak orang, akan tetapi syaratnya yaitu situs anda harus ranking minimal 10 besar dulu jika menginginkan trafik yang tinggi :).

Untuk itu langsung saja kita bahas mengenai..

Cara Riset Keyword

Login menggunakan akun Google anda ke https://adwords.google.com/, jika belum mempunyai akun silahkan daftar terlebih dahulu.

riset keyword

Setelah Login hal pertama yang harus dilakukan adalah pilih “Alat dan Analisis” –> “Perencana Kata Kunci” atau bisa langsung klik disini.

cara melakukan riset keyword

Selanjutnya pilih “Telusuri Kata Kunci” kemudian masukan, keyword yang ingin di target, alamat situs, dan kategori. seperti gambar dibawah saya mencari keyword mengenai “jual sepatu” dan “jual sepatu murah”, anda juga dapat memasukan beberapa keyword sekaligus.

cara riset keyword

setelah itu klik “Dapatkan Ide” lalu buka tab “Ide Kata Kunci” dan anda sudah mendapatkan beberapa kata kunci yang relevan dan paling banyak dicari orang di Google.

keyword riset tools

Agar Google Planner menampilkan hasil Penelusuran Perbulan yang murni anda dapat memilih atau mengganti jenis pencocokan menjadi “persis” atau “exact”.

keyword riset tool></p>
<p>Buat Grup Iklan baru untuk tempat dimana anda dapat memanage keyword – keyword yang sudah dipilih, seperti contoh dibawah saya membuat grup iklan baru bernama “Jual Sepatu”.</p><!--Ad Injection:random-->
<div style=''><center><script async src=

buat grup iklan

Setelah itu pilih kata kunci yang mempunyai Penelusuran rata – rata perbulan yang tinggi, minimal 100 keatas (jika memungkinkan). Anda dapat memilih semua atau beberapa saja keyword yang di inginkan, tetapi intinya harus mempunyai penelusuran perbulan yang tinggi, dan jangan pernah memilih keyword yang tidak mempunyai hasil penelusuran, karena hal tersebut hanya akan membuang waktu anda saja.

google planner

Jika sudah memilih beberapa keyword, selanjutnya anda bisa mendownload keyword tersebut dalam sebuah format MS.Excel.

download keyword

Setelah muncul PopUp, silahkan pilih Format File Excel (CSV). Selesai mendownload buka file excel tersebut, kemudian urutkan keyword dari hasil penelusuran tertinggi sampai terendah.

cara riset keyword lengkap

Selesai sekarang anda sudah berhasil melakukan Riset Keyword menggunakan Google Planner, anda dapat menggunakan keyword tersebut untuk dijadikan link profile, anchor text, judul post, url post, dan lain – lain. Jika ingin menggunakan keyword – keyword tersebut sebagai nama domain, saya sarankan menggunakan keyword yang paling besar hasil penelusurannya seperti contoh keyword “Sepatu Online”.

cara mudah riset keyword

Saya lupa menyampaikan, bahwa sebelum melakukan riset keyword menggunakan Google Planner, anda harus mengganti Lokasi dan Bahasa menjadi “indonesia”, jika memang target trafik yang anda inginkan adalah orang indonesia.

tutorial riset keyword

Update Ekslusif

Sekian tutorial Cara Riset Keyword kali ini, dapatkan Update Ekslusif lainnya mengenai Teknik SEO dan Artikel menarik lainnya dengan cara memasukan email anda pada Widget disamping (Subscribe). Setelah anda mengerti tutorial diatas harap dipraktekan, dan jika ada pertanyaan silahkan berkomentar dengan baik ๐Ÿ™‚ sekian dan terimakasih.