Cara Menghubungkan Domain dengan Hosting yang Berbeda

By | 03/11/2013

Setelah Kemarin membahas mengenai Cara Membeli Hosting di HostGator, kali ini kita akan membahas mengenai cara menghubungkan domain dengan hosting yang berbeda.

Karena Hosting dan Domain adalah syarat mutlak untuk membuat website atau sebagai pelantara website agar menjadi online dan dapat di akses melalui internet.

Tips yang sama dengan membeli hosting yaitu pastikan anda tidak membeli domain pada layanan penyedia doamin yang servernya sering eror, karena hal tersebut juga akan mempengaruhi situs anda di search engine.

Jadi ada baiknya anda membeli domain pada penyedia domain yang berkualitas seperti GoDaddy atau NameCheap, akan tetapi kedua layanan tersebut berasal dari luar negeri, dan akan menyulitkan bagi yang belum biasa melakukan transaksinya.

Di indonesia sendiri ada layanan penyedia domain yang lumayan berkualitas dengan harga yang lebih murah, yaitu di JayaHost, anda dapat membeli domain pada situs tersebut dengan hanya Rp.89.000 pertahun.

Saya pribadi mempunyai Domain di JayaHost dan Hosting di HostGator, kemudian jika anda bertanya “Bagaimana cara menghubungkan domain dengan hosting yang berbeda?” maka akan saya jawab beginilah caranya :)..

Cara Menghubungkan Domain dengan Hosting

1. Login pada CPanel hosting anda, seperti contoh dibawah CPanel Hosting situs saya di HostGator. lihat pada bagian paling bawah “Account Information” anda akan menemukan NameServer hosting yang akan dihubungkan dengan domain.

cara menghubungkan domain dengan hosting

2. Login pada Akun Domain anda, kemudian buka pengaturan NameServer dan masukan “NameServer” yang berada pada hosting tadi.

menghubungkan domain dan hosting

Jika pada Hosting terdapat 4 NameServer maka masukan ke 4 nameserver tersebut, jika hanya ada 2 maka 2 saja yang di masukan :).

Setelah itu jangan lupa untuk menyimpan pengaturan, dan Proses perubahan NameServer tadi memakan waktu paling lama 24 jam, jika selesai anda dapat mencek dengan membuka situs anda tersebut.

Sekian tutorial kali ini semoga membantu, komentar yang baik selalu saya tunggu, sekian dan terimakasih.

7 thoughts on “Cara Menghubungkan Domain dengan Hosting yang Berbeda

  1. Rizki

    Hallo Boss.. Mau nanya, saya punya domain dari cpanel. Bisakah saya memindahkan domain saya ke wix.com secar gratis? Jika bisa, bagaimana caranya?

    Terima kasih sebelumnya..

    Reply
    1. Rudi Nazar Post author

      emang mas beli domainnya dimana dulu?

      Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *