Cara Mendapatkan Backlink Berkualitas dengan Mudah, Banyak, dan Gratis

By | 11/11/2013

Pastikan anda sudah membaca mengenai Dasar SEO sehingga anda mengetahui apa yang dimaksud dengan Backlink, dan apa fungsinya. Cara Mendapatkan Backlink Berkualitas sangatlah mudah, baik itu backlink dari Blog Comment, Google, maupun Situs Lainnya yang mempunyai PR yang tinggi.

Untuk itu akan saya bahas cara mendapatkan backlink berkualitas dengan mudah seperti yang saya bilang tadi..

Cara Mendapatkan Backlink Berkualitas dari situs PR tinggi dengan Blog Comment

Blog Comment atau komentar blog adalah cara termudah untuk mendapatkan suatu backlink dari situs atau halaman yang mempunyai PR tinggi, anda hanya perlu berkomentar pada artikel di blog orang dengan menyisipkan link profile pada komentar tersebut.

Perlu diperhatikan juga bahwa anda tidak dapat berkomentar di sembarang situs, karena hal tersebut akan mempengaruhi posisi situs di search engine, anda butuh minimal blog yang mempunyai PR 2 untuk di komentari, kemudian bagaimana cara mengetahui PR (Page Rank) suatu halaman situs?

seperti yang sudah saya tulis pada postingan sebelumnya, anda dapat menggunakan Ektensi untuk Web Browser Google Chrome yaitu PageRank Status anda dapat mendownloadnya disini. Sedangkan untuk Web Browser Mozilla Firefox anda bisa menggunakan AddOns bernama SEO Book, anda dapat mendownloadnya disini.

Dari ektensi atau addons tadi sekarang anda dapat mengetahui PR dari suatu halaman situs, tidak hanya berkomentar pada halaman situs yang mempunyai PR tinggi, tetapi terdapat beberapa hal yang perlu anda perhatikan saat melakukan komentar blog, hal ini berguna agar komentar anda cepat dimoderasi oleh pemilik situs.

1. Komentar di Blog Yang mempunyai PR Tinggi
2. Berkomentar dengan menyisipkan link halaman/situs yang anda optimasi
3. Membubuhkan link tersebut dengan Anchor Text atau keyword yang anda target
4. Berkomentar di Blog Dofollow
5. Berkomentar dengan baik dan benar
6. Berkomentar di masing – masing platform situs yang berbeda.

Mari kita bahas satu persatu..

1# Komentar di Blog yang Mempunyai PR Tinggi

Hal ini sudah saya jelaskan diatas, jika anda belum paham akan saya berikan sedikit contoh, perhatikan gambar dibawah ini :

cara mendapatkan backlink berkualitas

Bisa anda lihat gambar diatas, situs tersebut mempunyai PR yang tinggi dan sangat bagus untuk dikomentari.

2# Membubuhkan Link Menjadi Anchor Text dengan Keyword yang Anda Target.

Ketika anda ingin berkomentar, anda bisa saja Membubuhkan link menjadi anchor text yang anda ingin target.

Seperti contoh, anda mempunyai artikel mengenai “Telur Ayam” dan mentarget ranking untuk kata kunci “telur ayam”, maka yang harus anda lakukan adalah membuat Nama Profile anda pada komentar menjadi “Telur Ayam” dan URL atau link yang anda masukan adalah link yang mengarah ke halaman situs anda tersebut.

3# Berkomentar di Blog Dofollow

Apa itu Blog Dofollow? Blog Dofollow sama seperti blog pada umumnya, yang membedakannya adalah jika anda mendapatkan link dari blog dofollow maka, kekuatan link yang akan anda dapatkan sangatlah besar.

Hal inilah yang menjadikan, kenapa pentingnya berkomentar di Blog Dofollow, apa lagi blog dofollow yang mempunyai PR tinggi.

Suatu Blog pada umumnya seperti WordPress atau Blogger, Mempunyai pengaturan yang tetap, yaitu setiap kali terdapat komentar berupa link, maka secara otomatis link tersebut berjenis NoFollow, yang artinya jenis link nofollow ini hanya memberikan sedikit kekuatan link yang tertransfer.

Bukan berarti link jenis nofollow tidak ada gunanya, walaupun sedikit kekuatan link yang didapat, tetapi jika banyak link yang seperti ini menuju situs ada, maka hal tersebut juga akan mengangkat posisi situs di search engine.

Sekarang yang menjadi pertanyyan adalah, Bagaimana Cara Mendapatkan Backlink dari Situs Dofollow yang mempunyai PR tinggi?

Ini mungkin bagian yang anda tunggu – tunggu, mengenai cara mendapatkan backlink yang berkualitas dan GRATIS!

Oke.. Langsung saja..

Pertama : silahkan anda buka situs DropMylink disini : http://dropmylink.com/

Kedua : Silahkan tulis topik yang anda inginkan contoh : “orange juice” kemudian pilih Jenis Blog yang anda inginkan, karena kita sedang membahas Blog DoFollow, jadi silahkan pilih “Do Follow Comments Blogs”, setelah itu klik “Search”.

Ketiga : Aktifkan Ektensi SEO Quake untuk Chrome atau Firefox, Untuk pengguna web browser Google Chrome anda dapat mendownloadnya disini.

Keempat : Setting Setelan pencarian google seperti gambar dibawah :

backlink berkualitas

Kemudian ubah hasil perhalaman menjadi 100 dan cek pada “Jangan pernah tampilkan hasil instan” seperti gambar dibawah, mohon maaf Google saya disini berbahasa indonesia, karena saya cinta Indonesia :).
setelah itu jangan lupa untuk menyimpan pengaturan..

backlink gratis

Kelima : Setelah mengaktifkan SEO Quake dan mengubah pencarian Google, selanjutnya adalah anda Reload/Refresh kembali halaman pencarian tadi, dan sekarang anda akan menemukan jumlah hasil penelusuran Google menjadi 100, dan terdapat keterangan situs dari SEO Quake.

Setelah itu urutkan hasil Pencarian tadi menggunakan SEO Quake dari PR yang Tertinggi sampai Terkecil.

backlink mudah dan gratis

Sekarang anda dapat melihat hasil pencarian google dari situs yang mempunyai PR tinggi sampai terkecil.

membangun backlink dengan mudah

Langkah selanjutnya adalah anda hanya tinggal memilih situs yang mempunyai PR tinggi yang bagus untuk di komentari, dan silahkan berkomentar. Mudah bukan πŸ™‚

4# Berkomentar Dengan Baik dan Benar

Setelah anda mengetahui syarat berkomentar yang akan membawakan kekuatan link besar pada situs anda, selanjutnya anda harus mengetahui juga bagaimana cara berkomentar dengan baik dan bernar agar komentar kita di Approve oleh pemilik situs.

Seringkali anda atau saya menemukan komentar yang hanya satu kalimat dan numpang spam doang seperti “..Info yang bagus gan..” “..terimakasih artikel yang menarik..” dan lain – lain.

Jujur saya sangat membenci komentar yang seperti itu di situs saya, walaupun ingin berkomentar spam, silahkan berkomentar spam pada tempatnya. Jadi jika saya menemukan komentar seperti itu di situs saya, akan saya hapus tanpa ampun.

Ada beberapa hal yang perlu anda perhatikan dalam berkomentar yang baik dan benar, diantaranya :

4.1# Berkomentar Sesuai Topik
Seperti yang saya bilang tadi komentar “…terimakasih gan info yang menarik..” adalah komentar yang ngawur, tidak ada hubungannya dengan topik apapun, yang namanya komentar bukanlah ucapan terimakasih ataupun pujian, tetapi jika ingin memberikan ucapan terimakasih atau pujian, pastikan komentar tersebut memiliki alasan kenapa anda mengucapkan terimakasih atau pujian.

Jadi berkomentarlah sesuai Topik yang di bahas oleh suatu blog, atau anda juga dapat berkomentar dengan menanyakan suatu hal yang belum anda mengerti.

4.2# Berkomentar Minimal 1 Paragraf
Ada baiknya anda berkomentar dengan minimal 1 paragraf atau 20 kata, karena hal ini tidak akan membuat komentar anda dilihat sebagai spam, dan akan lebih mudah di approve oleh pemilik situs.

4.3# Gunakan Bahasa yang Baik dan Benar
Ini merupakan hal yang wajib di setiap komentar, dimanapun itu dan di jenis situs apapun itu, apakah situs bahasa inggris atau bahasa indonesia, pastikan anda membuat komentar dengan bahasa yang baik dan benar.

jangan pernah menggunakan bahasa yang ‘alay’ πŸ™‚ seperti yang sering anak muda temukan sekarang, juga jangan pernah menyingkat kata seperti “Yang” jadi “yg”, atau “Beberapa” menjadi “bbrpa”.

Karena jujur saya sangat benci hal seperti itu, apa lagi jika sering menemukannya di SMS atau Komentar :).

4.4# Berkomentar VS Bertanya
Seperti yang sudah saya katakan diatas, perlu anda perhatikan, jika anda tidak mempunyai topik untuk berkomentar, alangkah baiknya anda bertanya kembali, walaupun sebenarnya anda sudah paham.

Contoh seperti : “Mohon maaf mas … saya kurang mengerti pada bagian (sebutkan bagian yang ingin anda tanyakan), bisakah dijelaskan ulang agar saya paham apa yang dimaksud? terimakasih

Atau jika anda mempunyai topik seperti tidak setuju, atau mempunyai saran, silahkan komentarkan pada blog tersebut.

4.5# Pahami Isi Artikel
Ada baiknya jika anda mau berkomentar, mengerti terlebih dahulu apa yang dimaksud suatu artikel.

Caranya anda cukup membaca sekilas atau minimal 3 menit untuk suatu artikel, kemudian jika sudah menemukan kesimpulan, maka segera luangkan komentar anda tersebut, jadi anda tidak perlu membaca semua artikel untuk melakukan blog comment. Nice!

4.6# Berkomentar di Platform Situs yang Berbeda
Maksud dari Platform adalah penghubung dalam suatu pembuatan website, seperti CMS (Content Management System). Situs ini di buat menggunakan CMS WordPress, dan banyak CMS lainnya di luar sana, seperti Joomla, dan lain-lain.

Intinya, sangat baik sekali, jika anda berkomentar pada masing-masing platform yang berbeda, karena hal tersebut dapat mempengaruhi posisi anda di search engine, karena Google akan menilai situs anda TIDAK mendapatkan backlink dari satu jenis situs yang sama.

Jadi pastikan anda tidak membangun backlink dengan blog comment, di platform yang sama, dan harus bervariasi seperti di Blogger, WordPress.com, blog.com, dan lain-lain.

Selain itu, dalam blogger juga terdapat blog DoFollow, tetapi sulit untuk mencarinya. Untuk itu saya hanya sarankan, silahkan mencari di Google, dengan kata kunci “Daftar blog dofollow“, setelah ketemu silahkan berkomentaria pada blog DoFollow tersebut.

Selesai cara mudah mendapatkan backlink dengan menggunakan blog comment, dan selanjutnya akan saya bahas bagaimana cara mendapatkan backlink dari Google.

Langsung saja..

Cara Mendapatkan Backlink dari Google

Ini merupakan hal yang tidak banyak diketahui oleh orang, padahal sangat mudah untuk mendapatkan backlink dari Google dengan GRATIS dan backlink dari produk Google lainnya seperti YouTube, Google+, dan lain – lain.

Menurut saya sendiri, ini bisa dibilang backlink ataupun link biasa, karena sangat mudah untuk membuatnya, dan tidak masalah seberapa besar kekuatan link yang di dapat, yang terpenting adalah kita mendapatkan link dari Google, karena hal ini akan membantu Google untuk men-crawl atau menaikan posisi situs.

Lalu, Bagaimana cara mendapatkan backlink dari Google.

1. Profile Page Google+
2. Forum Google
3. YouTube Video

1# Profile Page Google+
Ini adalah yang termudah mendapatkan backlink dari Google yang pertama, yaitu dari halaman profile Google+ anda.

Perlu anda ketahui Google+ mengijinkan kita untuk memasukan link pada halaman profile yaitu pada halaman “about”, seperti contoh halaman Google+ milik saya disini.

Anda pasti bisa melihatnya, pada halaman tersebut terdapat Tautan/link yang mengarah ke situs saya dan halaman social media saya.

Pertanyaannya adalah, “Bagaimana cara menyisipkan link pada halaman profile Google+ tersebut?

Pertama anda cukup masuk pada halaman profile anda di Google+, contoh seperti tadi URL yang berada di halaman Profile saya : https://plus.google.com/114224004551217556304/about

Kemudian klik “edit” pada tautan, dan silahkan masukan URL situs beserta namanya.

cara mendapatkan backlink berkualitas dari Google

Setelah itu, jangan lupa untuk menyimpan pengaturan, dan sekarang anda berhasil membuat backlink dari halaman Profile Google+.

2# Forum Google
Forum Google ini dulunya sangat aktif dan banyak digunakan orang seperti forum pada umumnya, tetapi sekarang forum Google ini berubah menjadi Forum Product Google, yang artinya forum hanya untuk support produk Google seperti Blogger, Picasa, dan lain – lain.

Tetapi hal tersebut masih bisa kita manfaatkan untuk membangun backlink, yaitu dengan cara berkomentar atau menulis di forum itu sendiri, kemudian sisipkan link menuju situs anda.

Perlu di perhatikan kembali, ketika anda ingin menyisipkan link di forum Google, pastikan anda mempunyai alasan kenapa link itu di sisipkan, karena jika tidak Google akan menilai, link situs anda di Forumnya hanya sebagai spam, dan hal ini bukannya menaikan posisi situs di search engine, malah menurunkan posisi situs. jadi berhati – hatilah juga, jangan sampai link yang anda bangun dianggap spam oleh Google.

Sekarang coba perhatikan gambar dibawah ini, seorang yang mendapatkan backlink dari Google PR7 dengan menulis di Forumnya.

backlink forum google

Sungguh kreatif bukan, anda juga bisa mealakukan hal yang sama, INGAT!!! jangan terlalu banyak menyisipkan link situs anda minimal 2 saja sudah cukup, karena hal ini untuk menjaga agar situs anda tidak ditampar oleh Google.

3# YouTube Video
Ini adalah cara mendapatkan backlink dari Google yang ketiga yang saya tau, anda mungkin bertanya, “itukan backlink dari YouTube bukan Google?” dan menurut saya sama saja itu Backlink dari Google, karena YouTube adalah produk dari Google itu sendiri.

Bagaimana Cara mendapatkan Backling dari YouTube?

Mudah saja, anda hanya tinggal membuat video dengan durasi minimal 5 menit, video tersebut bisa video tutorial mengenai topik anda atau lainnya, beri File Name pada video tersebut dengan keyword yang anda target.

Kemudian Upload video tersebut, lalu berikan Judul atau Title sesuai dengan keyword yang anda target, dan yang terakhir adalah sisipkan link pada Video Description dibagian bawah.

Link ini tidak bisa dibubuhkan menjadi anchor text atau hanya berbentuk Naked URL. Jadi anda hanya perlu memasukan URL situs atau halaman yang ingin anda optimasi pada Video Description tersebut, dan banyak orang diluar sana yang melakukan hal yang sama.

Walaupun halaman tersebut masih berPR n/a (Non Available), tetapi halaman itu akan tetap mewarisi PR dari domain utama YouTube yaitu PR9, dan hal ini pastinya akan membawa posisi situs anda ke ranking yang lebih tinggi.

Mendapatkan Backlink dengan Posting Tamu

Cara ini merupakan cara yang agak sulit dan merepotkan, tetapi dibalik itu semua anda akan mendapatkan kekuatan backlink yang besar, karena Google akan menilai bahwa backlink yang kita miliki berasal dari sebuah artikel bukan blog comment.

Oleh karenanya kekuatan sebuah link dari blog comment dan artikel sangatlah berbeda, plus link dari badan artikel biasanya tidak nofollow, karena kita sendiri yang membuatnya.

Pastikan ketika anda melakukan guest post, blog yang anda posting memiliki minimal PR2, dan jangan sekali-kali guest post di situs yang mempunyai PR n/a, karena hal tersebut tidak akan membuat situs anda mendapatkan banyak kekuatan dari backlink.

Hal yang perlu diperhatikan ketika guest post adalah, anda membuat artikel dengan minimal 500 kata, dengan artikel sesuai topik yang anda inginkan, dan jangan lupa untuk menyisipkan link menuju situs/halaman anda pada guest post tersebut.

Untuk lebih jelasnya lagi mengenai Guest Post akan saya jelaskan nanti, karena saya cukup panjang membuat artikel ini, padahal topik yang dibahas hanya sedikit :).

Jadi semoga artikel ini bermanfaat, jika ada yang ditanyakan silahkan berkomentar, dan jangan sungkan jika ingin mengontak saya, sekian dan terimakasih.

33 thoughts on “Cara Mendapatkan Backlink Berkualitas dengan Mudah, Banyak, dan Gratis

  1. Aully

    PR saya jadi N/A ada masalah apa itu mas ,pdahal semula PRnya 2 ,klo dibedakan sama teman saya yg jarang Update ,PR nya tetap aja 2 ,klo saya kok N/A ?

  2. ahmad

    baru-baru ini saya ngeh tentang backlink.. ternyata penting banget bagi blog yang dioptimasi. bagaimana jika backlink diperbanyak tapi tidak membuat banyak postingan.. apakah masih dapat PR gan?

    1. Rudi Nazar Post author

      Dapet mas, contohnya saya, saya jarang banget update posting, tapi dapet PR walaupun 0 karena blog saya juga masih sangat muda baru 2 bulan πŸ™‚

  3. Palace Heart

    terima kasih banyak atas sharingnya, selama ini saya belum begitu mengerti dengan cara mendapatkan baclink dari google, sudah lama saya mencoba untuk mendapatkan backlink tapi tetep saja saya cek di pagerank masih saja 0. Semoga dengan artikel yang mas share ini dapat membantu saya.

  4. Gede Ardi

    Maaf mas, menyisipkan llink secara manual di komentar itu bukannya melanggar etika dalam berkomentr ya? soalnya bnyk blogger yg melarang penggunaan itu. takutnya ketika kita memSANG link secara manual di komentar, justru si pemilik blog marah dan justru memperjauh hubungan sesama blogger..

    1. Rudi Nazar Post author

      Tergantung yang membuat etikanya πŸ˜€ oh iya mas, saya juga sudah mengupdate posting ini pada bagian “komentar blog” agar tidak menimbulkan kontroversi, jadi mas juga dapat membacanya kembali, Terimakasih telah berkomentar πŸ™‚

  5. Rehosting

    Yah,sebenarnya masalah backlink satu hal yang tak bisa pisahkan dengan blogging. Dan keterangan Agan saya lihat urut bisa memperinci dengan bahasa yang bisa mudah dipelajari,walau prakteknya tetap saja hanya bisa dilakukan oleh orang yang ulet/telaten.

    Terima kasih tutornya,sangat menambah wawasan,namun saya belum mengerti dengan keterangan di atas berkomentar dengan memasang kode html dalam komentar,yang saya tahu hal itu banyak dihindari oleh para pemilik blog sebagai hyperlink yang terlarang. Jadi selama ini yang saya tahu hal seperti itu adalah sebagai spam (saya pribadi tak suka). Kecuali melampirkan URL tanpa hidup seperti http://arsipfank.com.

    Untuk memberi pencerahan bagi saya,tolong agan tambah ulasan di atas agar saya lebih mengerti (ini saya benar-benar bertanya Gan),terima kasih …..

    1. Rudi Nazar Post author

      hehe.. terimakasih mas fank atas komentarnya nanti saya tambahkan :D, memang sih link seperti itu menurut saya juga spam dan lebih bagus jika melampirkan naked URL, mungkin tidak akan menjadi spam juga, jika kita tidak membuat link profile yang sama, dan pada halaman tersebut hanya terdapat komentar kita yang mempunyai link dengan anchor text, karena diluar sana juga banyak blog comment yang mengijinkan kita untuk memasang anchor text dan mas juga dapat menemukannya dengan drop my link, dan apa salahnya jika kita memanfaatkan peluang tersebut untuk membangun backlink, bahkan kita juga bisa mengubah backlink tersebut menjadi Dofollow dengan memasang kode HTML, selama pemilik situs mengijinkan dan melihat peluang tersebut sungguh baik yang artinya link tersebut tidak akan terlihat sebagai spam, kenapa tidak πŸ™‚

  6. Max Manroe

    Kita memang bisa mendapat backlinks dari berbagai sumber, tapi satu hal yang kita tidak boleh lupa adalah kualitas web kita sendiri. Karena backlinks tidak akan berpengaruh banyak pada serp jika website kita tidak optimal. Thanks tipsnya mas πŸ™‚

  7. Luthfi

    Mau nanya nih mas rudi. Kalau saya optimasi home page apakah artikel pada naik urutan di google?

    apakah harus optimasi artikel? saya masih bingung nih

    1. Rudi Nazar Post author

      mengoptimasi home page juga dapat menaikan posisi artikel, karena di home page juga terdapat link menuju artikel tersebut, tetapi yang lebih optimalnya tentu saja mengoptimasi artikelnya tersebut karena backlink yang mengarah langsung menuju artikel bukan melalui home page terlebih dahulu.

  8. Muhammad Luthfi (Unlabeled)

    Mas saya sangat suka sekali dengan tata bahasa yang mas rudi pake πŸ™‚
    Jika saya melihat dari blog lain kata-katanya kebanyakan mengulang dan kebanyakan muter-muter ini.

    Saya sangat berterima kasih sekali. Saya akan baca semua postingan dari master rudi nazar ini ^_^

    1. Rudi Nazar Post author

      monggo.. terimakasih atas kunjungannya mas πŸ™‚

  9. Komputer Information

    terimakasih banyak informsinya.. saya baru saja belajar meencari backlink.. maaf mas, saya ingin bertanya mengenai google backlink.. saya pernah mendengar katanya tanpa kita membangun backlink apapaun, asalkan rutin menulis 2 artikel per hari selama 3 bulan, maka kita akan mendapatkan backlink dri google. bahkan sangat berkualitas,, berpotensi mendatangkan 1k uv/day.. apakah ini benar? oh iya, mengenai backlink dari youtube, kok saya bingung ya, gimana memeasang backlink dri youtube.. katanya bisa membuat chanel baru, chanel sendiri saya kurang paham..

    1. Rudi Nazar Post author

      wah.. bohong banget tuh mas, google bukan jin yang bisa mendatangkan backlink untuk situs kita πŸ˜€ kalau seperti itu mending saya nulis artikel terus saja selama 3 bulan, hehe.. karena ingat Google itu hanya sebuah robot mesin pencari, jadi dia tidak bisa membangun backlink untuk situs kita, kecuali secara manual.
      mudah saja cara memasang backlink di youtube, ketika mas mengupload video beri URL pada video deskripsi di bagian bawah, maka jadilah backlink.
      chanel itu seperti Profile Facebook mas, sedangkan status fb itu sebagai videonya, secara singkatnya seperti itu πŸ˜€

    1. Rudi Nazar Post author

      monggo kontak saya mas kalau ada yang ditanyakan, jangan sungkan-sungkan saya orangnya baik hati kok.. haha πŸ˜€

  10. shinta

    kalo saya biasanya cari backlink dari situs .edu. gov, dll.. pernah juga pake senukeX, tp gak tau kok pas ngecek di situs backlink checker kok gak muncul muncul itu backlink.. T.T

    1. Rudi Nazar Post author

      alasan pertama karena backlinknya belum terindex jika di cek gak muncul, cara mengatasinya pastikan link yang mba bangun benar2 ada dan terindex oleh search engine. saya juga sudah menuliskan cara agar semua backlink yang di bangun terindex oleh google di http://e-seo.rudinazar.com πŸ™‚

  11. Fajri Aulia Zarni

    Mas bro, dulu blog saya dapet page rank . .
    trus udah 5 bulan, page rank saya ilang deh…
    itu kenapa ya ??

    Btw, nice Trick Mas Bro.. πŸ˜€

    1. Rudi Nazar Post author

      mungkin karena situs mas over optimization, terlalu banyak mendapatkan backlink dari situs yang tidak berkualitas, faktor kecepatan membangun backlink, atau bisa juga karena backlink yang menjadikan situs mas mendapatkan PR, sudah tidak ada lagi. dan sebenarnya masih banyak juga faktor yang menjadikan menurunnya PR πŸ™‚

  12. kertas info

    dulu saya mendapatkan backlink dengan cara cek PR, cek SEO dll disitus apa tapi lupa, barang kali ada yang tahu situs buat cek pr dan cek seo tetapi yang bisa menghasilkan Backlink?

    1. Rudi Nazar Post author

      sepertinya belum ada, karena saya juga belum menemukan orang indonesia di forum itu πŸ™‚

  13. Kenari Paseh

    Suatu pembahasan yang gamlang dan mudah sekali di mengerti,,terutama bagi saya sebagai newbie di dunia blogging,,
    sangat bermanfaat sekali mas,
    saya akan terus pelajari ini,,jujur saya sangat buta mengenai backlink ini
    terimakasih atas berbaginya

    1. Rudi Nazar Post author

      iya.. sama-sama. terimakasih atas kunjungannya. jangan lupa subscribe, biar dapat update artikel tentang SEO lainnya πŸ™‚

  14. hedryiks

    saya ijin bookmark ya gan soalnya tipsnya menarik banget dan lagi saya coba, saya mau tanya gan kalau extension atau aplikasi yang agan bagikan tadi gak bisa untuk cek dofollow nggaknya ya?? jadi harus lewat drop my link terus ya gan untuk dapat yang dofollow maklum newbie gan

    1. Rudi Nazar Post author

      untuk cek blog dofollow biasanya saya mengunakan extension NoFollow Simple, cari aja di store chrome, kemudian cara melihatnya gampang, jika link pada komentar berwarna merah, maka itu BUKAN blog dofollow yang artinya jenis link tersebut nofollow, sebaliknya jika link pada komentar tidak berwarna merah alias normal, maka itu blog dofollow. dan cara termudah yang saya tau mencari blog dofollow yaitu menggunakan drop my link. terimakasih atas kunjungannya πŸ™‚

  15. obat herbal penyakit kista

    β€œMohon maaf mas … saya kurang mengerti pada bagian (menyisipkan link profile pada komentar tersebut.), bisakah dijelaskan ulang agar saya paham apa yang dimaksud? terimakasih”

    1. Rudi Nazar Post author

      saya yakin mas tau, karena mas menyisipkan link profile dengan keyword “obat herbal penyakit kista” bukan dengan nama mas yang sebenarnya :), dan itulah yang saya maksud. jadi link profile itu, link yang terbuat dari suatu profile, baik itu di blog comment maupun di situs lainnya.

  16. tomi

    wehh baru tau ada forum google.. ini maksudnya grup ya mas?

    bener jg kalau ada backlink dari situ

    1. Rudi Nazar Post author

      seperti yang di jelaskan, forum/grup Google ini khusus untuk berdiskusi mengenai produk google, seperti Blogger, Youtube, dan lain – lain. kalau penasaran monggo di cek mas https://productforums.google.com/forum/ πŸ™‚

Comments are closed.