Top

3 Langkah Cara Membuat Paspor dengan Mudah

Halo jumpa lagi dengan saya Rudi Nazar pada kesempatan tulisan kali ini saya akan membahas dan share tentang bagaimana cara membuat paspor untuk berpergian ke luar negeri baik untuk traveling atau liburan atau juga untuk urusan bisnis yang akan anda lakukan di luar negeri.

Cara Membuat Paspor

cara membuat paspor dengan mudah

Sebelum melanjutkan perlu anda ketahui terlebih dahulu bahwa tips yang akan saya berikan dibawah ini merupakan pembuatan paspor secara reguler dan memakan waktu selama kurang lebih 10 hari, nah untuk anda yang butuh paspor dengan cepat bisa gunakan jasa paspor yang rekomendasi sekali untuk dicoba, akan saya infokan dibawah artikel ini.

1. Persiapkan Dokumen

syarat pembuatan paspor

Hal pertama yang harus anda lakukan untuk bisa membuat sebuah paspor yaitu pastinya melengkapi dokumen terlebih dahulu, lalu apa saja dokumen yang harus anda persiapkan sebagai syarat untuk pembuatan sebuah paspor? berikut ini list nya.

  • e-KTP
  • Kartu Keluarga
  • Akte Kelahiran
  • Ijazah Pendidikan Terakhir (SD/SMP/SMA/)
  • Buku Nikah (untuk yang sudah menikah)

Pastikan dokumen tersebut harus asli ya jangan sampai palsu atau masing-masing dokumen data nya berbeda, seperti tanggal lahir atau nama pada salah satu dokumen tersebut mempunyai perbedaan, alangkah baiknya kamu perbaiki dulu ke capil dimana kamu tinggal. oiya siapkan juga materai 6000 dan juga fotokopi dari masing-masing dokumen diatas.

2. Mendapatkan Antrian Online

Layanan Paspor Online

Setelah dokumen untuk membuat paspor dirasa sudah lengkap dan benar, langkah selanjutnya yang harus kamu lakukan yaitu mendapatkan antrian kantor imigrasi secara online, hal ini karena semakin banyak nya orang yang ingin membuat paspor menjadikan kita harus mendapatkan nomor antrian sebelum datang ke kantor imigrasi untuk proses pebuatan paspor.

Lalu bagaimana caranya untuk mendapatkan nomor antrian paspor online ini? gampang ikuti petunjuk saya dibawah ini.

  1. Download Aplikasi “Layanan Paspor Online” di Google Play Store atau klik disini
  2. Buat akun pada aplikasi tersebut sesuai dengan data kamu yang benar
  3. Cek email untuk verifikasi pendaftaran akun kamu
  4. Setelah verifikasi, silahkan login dengan akun yang sudah kamu buat
  5. Pada aplikasi “Antrian Paspor” pilih kantor Imigrasi yang paling dekar dengan lokasi kamu
  6. Lalu isi data kamu, tanggal pembuatan, jam, hingga jumlah pemohon paspor
  7. Perlu diketahui masing-masing kantor Imigrasi mempunyai kuota terbatas setiap harinya, apabila kamu berhasil mendapatkan nomor antrian dan sudah disetujui, pastikan datang tepat waktu sesuai jadwal yang sudah dibuat dengan membawa persyaratan diatas tadi.

3. Datang ke Kantor Imigrasi

proses pembuatan paspor

Langkah terakhir yang harus kamu lakukan yaitu silahkan datang ke kantor imigrasi yang sudah kamu pilih sebelumnya, ingat jangan lupa untuk bawa persyaratan asli dan fotokopi serta membawa materai 6000, pastikan juga kamu datang ke kantor imigrasi sebelum dari jam yang sudah ditentukan ya, misal jam 10 alangkah baiknya jam 9.30 kamu sudah berada dikantor imigrasi.

Lalu langkah apa saja yang harus kamu lakukan setelah tiba di kantor imigrasi :

  1. Berikan kode booking yang sudah kamu dapat dari aplikasi Antrian Online pada petugas atau resepsionis Imigrasi
  2. Petugas akan memberikan kamu nomor urut antrian atau panggilan pembuatan paspor dan mengecek persyaratan pembutan paspor kamu, apabila persyaratan ini tidak memenuhi mungkin kamu kan disuruh pulang oleh petugas 😀 dan disuruh untuk melengkapi persyaratan tersebut.
  3. Isi formulir yang diberikan oleh petugas dengan benar sesuai data kamu.
  4. Nah ini adalah langkah yang cukup menegangkan 😀 setelah kamu dipanggil oleh petugas yang berwenang, kamu akan diwawancarai terlebih dahulu, biasanya menanyakan alasan kamu membuat paspor untuk keperluan apa. Tips wawancara ini kamu tidak usah grogi jawab aja dengan jujur dan santai.
  5. Setelah wawancara dan persyaratan memenuhi, langkah selanjutnya yaitu sesi foto dan pemindaian sidik jari.
  6. Langkah selanjutnya kamu akan diberikan bukti untuk pengambilan paspor dan juga catatan intruksi untuk pembayaran paspor tersebut, biasanya kamu akan disuruh transfer pada rekening yang diberikan oleh pihak imigrasi.
  7. Langkah terakhir kamu akan diberikan jadwal pengambilan paspor biasanya sekitar 10 hari kerja.

Selesai. Kini kamu sudah memiliki paspor dan bisa untuk terbang keluar negeri, jangan jauh-jauh dulu ya sobat traveler, negeri tetangga dulu aja kek singapore atau malaysia 😀 yang tentunya bebas visa. Tapi jika kamu sudah menyiapkan perjalanan yang lebih jauh, silahkan pergi kenegera manapun yang kamu inginkan 😀

paspor liburan luar negeri

Oiya hampir lupa, bagi kamu yang malas dengan langkah-langkah diatas dan juga terlalu sibuk untuk membuat paspor sendiri, jangan khawati kamu bisa gunakan jasa paspor resmi dan juga professiona yang aku rekomendasikan yaitu http://buatpaspor.com/ bilang aja tau dari Rudi Nazar, nanti kamu pasti dapat harga special, hehehe 😀

oke sekian dulu mengenai informasi 3 Langkah Cara Membuat Paspor dengan Mudah semoga bisa bermanfaat, jangan lupa untuk berikan komentar kamu dibawah ini, sekian dan terimakasih. Salam Traveling.

Pemuda yang suka Adventure dan Traveling dengan kendaraan Roda Dua, mempunyai mimpi untuk terus explore tanpa batas dan berbagi momen melalui tulisan dan konten di Blog ini.

No Comments

Post a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.