Cara Membuat Kabel Lan – Cara Membuat Jaringan Warnet Bag.3

By | 06/09/2013

Sebelumnya menjelaskan mengenai Cara Membuat Kabel Lan pastikan anda sudah membaca tutorial sebelumnya yaitu cara membuat jaringan warnet bag.1 yang menjelaskan mengenai Peralatan yang dibutuhkan untuk membuat jaringan warnet, dan kali ini saya akan membahas mengenai judul diatas.

Cara Membuat Kabel Lan

Kabel Lan atau atau kabel jaringan bisa berupa apa saja bisa kabel UTP atau kabel koaksial seperti pengertian kabel disini, tetapi seperti dikalangan umum lainnya kabel lan ini lebih sering disebut kabel UTP (Unshielded Twisted Pair) Disebut “unshielded” karena kurang tahan terhadap interferensi elektromagnetik dan disebut “twisted pair” karena di dalamnya terdapat pasangan kabel yang disusun spiral alias saling berlilitan, ada beberapa kategori mengenai Kabel UTP ini dan mungkin akan saya jelaskan di post lainnya.

Jenis Kabel Jaringan Lan

Ada 2 jenis kabel jaringan lan yaitu Jenis Straight dan Cross keduanya memiliki perbedaan dari fungsi dan pembuatan, tetapi dijaman yang serba modern ini terkadang hanya kabel jaringan Straight saja yang biasa banyak digunakan bahkan untuk Switch/Hub sekalipun.

cara membuat kabel lan
Gambar diatas menunjukan perbedaan pada pemasangan kabel lan Straight dan Cross.

Lanjut.. Cara Membuat Kabel Lan Dengan Mudah

Bahan – bahan yang diperlukan untuk membuat kabel jaringan.

– Kabel UTP
– Konektor RJ45
– Tang Crimping
– Tang Potong/gunting

1. Kupas kedua ujung kulit luar kabel utp menggunakan tang potong atau gunting, dengan panjang kira-kira 4cm, seperti gambar dibawah.

kabel utp jaringan warnet

2. Kemudian urutkan warna-warnanya dengan menggunakan tipe Straight, seperti gambar dibawah ini atau silahkan menggunakan tipe cross sesuai kebutuhan.

cara membuat kabel jaringan lan

3. Setelah kedua ujung kabel diurutkan warnanya sesuai konfigurasi di atas, ratakan ujung kabel utp dengan memotong sedikit bagian kabel (tidak usah di kupas kabelnya), kira -kira hasilnya seperti ini :

cara crimping kabel jaringan

4. Masukkan kabel tersebut kedalam konektor RJ -45 secara hati-hati, jangan sampai tertukar urutannya, maka hasilnya akan seperti ini :

crimping kabel lan

5. Kemudian crimping/jepit kabel tersebut menggunakan tang crimping sampai benar-benar kabel UTP terpasang kuat dengan konektor RJ-45.

cara membuat kabel lan

6. Jika semua kabel sudah terpasang dengan benar, anda tes menggunakan cable tester, tancapkan ujung masing-masing kabel, jika kabel tester menyala secara berurutan dari 1 – 8 maka kabel yang anda crimping sudah benar dan berjalan dengan normal, jika kabel tester menyala tidak berurutan atau salah – satunya tidak ada yang menyala, berarti ada yang salah dari urutan kabel atau kabel kurang tertekan, solusinya crimping/jepit lagi kabel tersebut menggunakan tang crimping atau jika masih gagal terpaksa harus mengcrimping ulang. Jika masih seperti itu ada kemungkinan kabel testernya rusak.

cara membuat jaringan warnet

Mungkin hanya itu saja post cara membuat jaringan warnet kali ini, nantikan post lainnya dan pasti yang lebih ekslusif dengan cara memasukan email anda disini.

5 thoughts on “Cara Membuat Kabel Lan – Cara Membuat Jaringan Warnet Bag.3

  1. Pingback: Cara Membuat Kabel Lan « Tika Khartika

  2. Pingback: Tutorial Menyusun dan Cara membuat kabel UTP Staright dan Cross | F A R M A S I

  3. Rudi Nazar Post author

    ada mas, kalo enggak ada mas tinggal beli kabel LAN nya aja, terus minta sekalian crimping / dibuatin kabel cross

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *