Cara Membuat Jaringan Warnet – Peralatan yang Dibutuhkan (Bag.2)

By | 06/09/2013

Kali ini rudinazar.com akan menjelaskan mengenai tutorial cara membuat jaringan warnet – peralatan yang dibutuhkan, Sebelum melanjutkan pastikan anda sudah membaca post mengenai Topologi Jaringan yang merupakan dasar dari membangun jaringan warnet (Cara Membuat Jaringan Warnet Bag.1).

Cara Membuat Jaringan Warnet – Peralatan yang Dibutuhkan

1. Modem ADSL

Modem ADSL adalah peralatan yang sangat wajib untuk warnet, karena sebuah warnet tanpa modem ADSL tidak akan bisa dioperasikan, untuk anda yang belum mengetahui modem ADSL pasti bertanya – tanya “apa sih modem ADSL itu?” dan apa “perbedaannya dengan modem – modem lain?” baik akan saya jawab dan jelaskan mengenai pertanyaan diatas dan semoga anda mengerti.

Modem ADSL menurut wikipedia adalah perangkat yang digunakan untuk menghubungkan komputer atau router ke saluran telepon, untuk menggunakan layanan ADSL. Seperti jenis modem lainnya, modem ADSL merupakan transceiver. Disebut juga dengan DSL Transceiver atau ATU-R. Singkata NTBBA (Network Termination Broad Band Adapter, Network Termination Broad Band Acces) juga sering ditemui di beberapa negara.

Keuntungan menggunakan Modem ADSL adalah bekerja pada frekuensi antara 34 kHz sampai 1104 kHz. Inilah penyebab utama perbedaan kecepatan transfer data antara modem ADSL dengan modem konvensional (yang bekerja pada frekuensi di bawah 4 kHz), sehingga menjadikan modem ini berkecepatan tinggi dalam mengakses internet.

Salah satu contoh modem ADSL yang terkenal dan banyak digunakan di kalangan pengusaha warnet adalah Modem ADSL Speedy karena sudah terbukti dengan kecepatannya, kemudian “bagaimana cara mendapatkan modem ADSL speedy ini?

Untuk modem ADSL speedy biasanya dijual terpisah, anda bisa menggunakan modem ADSL merek apa saja, contohnya seperti D-LINK, TP-Link, Linksys,, dll.

tutorial cara membuat jaringan warnet

2. Switch / Hub

Switch adalah perangkat jaringan komputer yang berfungsi sebagai konektor / penghubung . Dilihat dari fungsinya , terlihat mirip dengan Hub, Perbedaan kedua alat ini adalah soal besaran luas jaringan yang dapat dikerjakan dan besaran kecepatan transfer data. Switch memiliki cakupan luas jaringan yang lebih besar dari Hub , dan Switch juga memiliki kecepatan yang lebih tinggi dibanding dengan Hub.

tutorial cara membuat jaringan warnet

Untuk jaringan warnet baiknya menggunakan Switch karena telah dikembangkan untuk dapat melakukan fungsinya dengan kecepatan diatas 100 Mbps . Bahkan ada yang hampir mendekati kecepatan 1Gbps . berbeda jauh dengan Hub yang hanya mempunyai kecepatan transfer data tertinggi 100 Mbps.

3. Kabel Jaringan (UTP)

Kabel UTP adalah jenis kabel yang terbuat dari bahan penghantar tembaga, memiliki isolasi dari plastik dan terbungkus oleh bahan isolasi yang mampu melindungi dari api dan kerusakan fisik. Kabel UTP terdiri dari empat pasang inti kabel yang saling berbelit yang masing-masing pasang memiliki kode warna berbeda.

tutorial cara membuat jaringan warnet

4. Tang Crimping

Tang crimping adalah suatu benda yang berfungsi menghubungkan konektor RJ45 dengan kabel UTP, yang sudah terpasang dengan benar sebelumnya.

tutorial cara membuat jaringan warnet

5. Konektor RJ45

Konektor RJ 45 adalah konektor kabel Ethernet yang biasa digunakan dalam topologi jaringan komputer LAN maupun jaringan komputer lainnya.

tutorial cara membuat jaringan warnet

6. kabel Tester

Kabel Tester adalah alat yang berfungsi untuk mengecek tidak terjadinya kesalahan pada pemasangan sebuah kabel jaringan. cara kerja kabel tester cukup mudah, anda cukup menghubungkan kedua ujung kabel ke kabel tester, seperti gambar dibawah ini.

tutorial cara membuat jaringan warnet

Jika lampu indikator menyala secara berurutan dan bersamaan dari 1 – 8 maka kabel jaringan tersebut sempurna tidak memiliki kesalahan dalam pemasangan begitupun sebaliknya jika lampu indikator kabel tester tidak menyala secara berurutan berarti ada masalah dalam pemasangan kabel jaringan.

6. Tang Potong

Tang Potong adalah alat yang berfungsi untuk memotong, dan fungsi dari pembuatan jaringan adalah alat ini berfungsi untuk memotong kabel yang akan di crimping atau lainnya.

tutorial cara membuat jaringan warnet

Dapatkan Post Selanjutnya dari Tutorial Cara Membuat Jaringan Warnet

Itu adalah post mengenai Tutorial Cara Membuat Warnet kali ini, dapatkan post lanjutan dari ini dengan cara subscibe di http://www.rudinazar.com dengan memasukan email anda pada widget subscribe atau klik disini, Sekian dan terimakasih karena sudah mau membaca.

3 thoughts on “Cara Membuat Jaringan Warnet – Peralatan yang Dibutuhkan (Bag.2)

  1. rio

    gan numpang nanya,
    dari petunjuk diatas saya masih bingung, kenapa router tidak di cantumkan kedalam? apaka router itu bisa di gantikan dengan Switch / Hub?
    mohon penjelasannya??

    Reply
  2. Nakhsanoba

    Sungguh info yang bermanfaat. Dengan penjelasan Mas diatas, seandainya saya mau buka bisnis warnet, saya gak perlu bayar orang buat pasang jaringannya. Lumayan buat ngecilin modal 😀

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *