Apa Itu SEO? – Definisi dan Pengertian Untuk Belajar SEO Pemula yang Lengkap

By | 08/11/2013

Pada kesempatan kali ini saya akan membahas sesuai dengan judul diatas yaitu Belajar SEO Untuk Pemula, yang merupakan post pertama saya di kategori teknik SEO, untuk anda yang pemula di dunia SEO pasti banyak bertanya – tanya “apa itu seo?” “apakah seo jenis mamalia baru?” ๐Ÿ˜€ atau apalah pertanyaan yang pastinya banyak bermunculan di benak hati anda yang paling dalam, dan disini akan saya jelaskan mengenai Apa itu SEO, Apa keuntungannya?, ada berapa jenis SEO?, dan lain-lain.

Apa itu SEO? – Pengertian dan Definisi SEO

SEO atau kepanjangan dari (Search Engine Optimization) adalah suatu cara atau teknik untuk membuat situs atau blog kita berada pada halaman/posisi satu di mesin pencarian (search engine) seperti Google, Bing, dan Yahoo.

Pengertian dari SEO juga sangat luas tetapi semuanya mencakup hal yang sama yaitu mengoptimisasi suatu halaman website/blog agar berada pada halaman/posisi satu di search engine dengan kata kunci yang ditarget.

Contoh SEO

Saya mempunyai sebuah artikel di website ini yaitu “cara membuat jaringan warnet”, kemudian saya optimasi halaman artikel tersebut dengan teknik SEO yang saya gunakan dan dengan mentarget kata kunci “cara membuat jaringan warnet”, setelah saya optimasi dengan baik alhasil halaman tersebut dapat ranking satu dengan kata kunci yang saya target tersebut.

belajar seo pemula

Sekarang saya yakin anda sudah mulai mengerti mengenai Search Engine Optimization, jika belum silahkan baca berulang – ulang pengertian dan contoh diatas sampai anda benar – benar paham ๐Ÿ™‚ atau baca juga pengertian seo dari wikipedia.

Keuntungan Melakukan SEO

Banyak sekali keuntungan dari melakukan SEO yang tidak bisa saya sebutkan satu persatu, diantaranya yaitu :

1# Mendatangkan Traffic yang Banyak
Kita semua pasti tahu jika situs atau blog berada pada halaman satu Search Engine pasti akan mendatangkan pengunjung (Traffic) yang sangat besar, tergantung pada keyword yang kita target dan besar kecilnya data hasil pencarian dari Google Planner.

2# Meningkatkan Penjualan
Jika suatu situs menjual suatu produk atau barang seperti lazada.co.id yang menjual aneka barang seperti laptop atau lainnya, maka jika ada orang mencari di google dengan keyword “jual laptop murah” kemudian situs tersebut ranking 1, maka sudah 95% lazada akan mendapatkan penjualan dari hasil SEO tersebut.

3# Meningkatkan Daya Saing
Mudah saja untuk keuntungan SEO yang satu ini, jika posisi suatu situs lebih tinggi maka secara otomatis daya saingnya pun akan lebih tinggi. Masih banyak lagi keuntungan dari SEO ini yang tidak saya sebutkan semua, karena saya yakin dengan 3 hal diatas saja pasti anda sudah mengerti mengenai keuntungan SEO.

Sekilas Sejarah SEO

Menurut Danny Sullivan, istilah search engine optimization pertama kali digunakan pada 26 Juli tahun 1997 oleh sebuah pesan spam yang diposting di Usenet. Pada masa itu algoritma mesin pencari belum terlalu kompleks sehingga mudah dimanipulasi.

Versi awal algoritma pencarian didasarkan sepenuhnya pada informasi yang disediakan oleh webmaster melalui meta tag pada kode html situs web mereka. Meta tag menyediakan informasi tentang konten yang terkandung pada suatu halaman web dengan serangkaian kata kunci (keyword).

Sebagian webmaster melakukan manipulasi dengan cara menuliskan kata kunci yang tidak sesuai dengan konten situs yang sesungguhnya, sehingga mesin pencari salah menempatkan dan memeringkat situs tersebut. Hal ini menyebabkan hasil pencarian menjadi tidak akurat dan menimbulkan kerugian baik bagi mesin pencari maupun bagi pengguna internet yang mengharapkan informasi yang relevan dan berkualitas.

sumber : http://id.wikipedia.org/wiki/Optimisasi_mesin_pencari/

Dasar SEO Yang Wajib Anda Ketahui

Dasar SEO ini merupakan pondasi yang bisa dibilang sangat wajib diketahui oleh pemula di dunia search engine optimization karena hal tersebut merupakan suatu hal yang harus dan diterapkan jika anda ingin menjadi ahli seo atau membuat situs berada pada halaman/posisi satu google dengan kata kunci yang anda target.

Perlu anda ketahui banyak orang yang bilang dasar seo itu ada dua dan juga ada yang bilang kalau dasar seo itu ada tiga. Manakah yang benar? menurut saya sendiri semuanya benar, yang salah itu maling ๐Ÿ˜€ cuman untuk mereka yang mengatakan dasar seo itu ada tiga berarti dia hanya menambahkan Riset Keyword kedalam dasar seo nya dan itu sangat benar karena seo tanpa riset keyword rasanya percuma seperti mencari alamat palsu ( lagunya ayu ting -ting itu ๐Ÿ˜€ ).

Oke lanjut, jadi apa saja dasar dari seo, mari kita bahas satu persatu..

1. On Page SEO

Mendengar kata diatas pastinya sudah tidak asing lagi bagi para pakar seo, namun akan asing sekali untuk para pemula di dunia seo. On Page SEO adalah suatu teknik mengoptimisasi halaman website dengan menerapkan beberapa dasar keyword yang ditarget kedalamnya. Keuntungan dari on page seo ini yaitu situs anda akan lebih dinilai relevan oleh google, juga jika halaman tersebut hanya mendapatkan sedikit backlink bisa dipastikan akan mudah ranking #1 Google.

Berikut dasar yang harus diterapkan dalam on page seo :

1. Title Tag
2. Meta Description
3. URL
4. Heading (h1, h2, h3, h4)
5. Image & Image ALt Tag
6. Link to Site Authority

Tittle Tag

Title Tag itu sama seperti judul pada suatu posting/artikel tetapi berbeda, karena umumnya title tag ini dibaca oleh search engine, jika title tag tidak diganti atau sama menyerupai judul posting maka yang muncul pada search engine sebagai title tag yaitu judul posting tersebut. Berikut gambar contoh title tag.

dasar seo

Title Tag dapat diganti menggunakan plugin WordPress Seo by Yoast jika anda menggunakan WordPress, untuk blogger atau lainnya saya belum mengetahui bagaimana cara mengganti title tag tersebut.

Meta Description

Meta descriptions adalah keterangan dari suatu halaman berdasarkan dari kalimat artikel postingan anda, agar meta description terlihat menggoda dan menarik trafik anda perlu memodifikasinya dengan menggunakan plugin SEO by Yoast seperti yang sudah saya jelaskan diatas.

belajar seo untuk pemula

URL

URL singkatan dari Uniform Resource Locator, adalah rangkaian karakter menurut suatu format standar tertentu, yang digunakan untuk menunjukkan alamat suatu sumber seperti dokumen dan gambar di Internet, itu menurut wikipedia ๐Ÿ™‚ anda dapat membacanya disini.

kalau menurut saya simpel saja URL yaitu rangkaian huruf yang membentuk sebuah link yang menuju suatu halaman situs, contoh “http://www.rudinazar.com/cara-riset-keyword/” jadi URL ini sangat berpengaruh pada Search Engine Optimization.

Heading

Heading adalah sekumpulan kata yang menjadi judul atau sub-judul dalam sebuah dokumen html. Heading berbeda dengan tag < title >.

Html menyediakan enam tingkatan heading, dimana heading level 1 (< h1 >) adalah yang terbesar, biasa berada di judul posting, dan heading level 6 (< h6 >) adalah yang terkecil.

Link to Authority Site

Apa itu Link to authority site? yaitu merupakan sebuah posting yang di dalamnya terdapat link menuju situs – situs terpercaya / yang dipercayai google seperti yotube, wikipedia, facebook dan masih banyak lagi.

Bagaimana cara mengetahui situs yang dipercayai google? anda dapat melihatnya dari Page Rank (PR) situs tersebut jika page rank suatu situs lebih dari 7 maka bisa dikatakan situs tersebut sudah dipercayai google ( Authority Site ).

Kemudian bagaimana cara untuk mengetahui PR dari suatu situs? cara termudah yaitu anda cukup menginstall Extensi WebRank SEO dari browser Google Chrome dengan cara mendownloadnya terlebih dahulu dari Toko Web Chrome, untuk Mozila Firefox anda dapat menggunakan seo toolbar dari seobook silahkan cek disini.

belajar so untuk pemula

2. Off Page SEO

Off Page Search Engine Optimization adalah cara mengoptimisasi suatu halaman dari luar situs (menggunakan backlink), “Apa itu Backlink?

Backlink adalah Link dari halaman situs kita yang berada pada halaman situs orang lain yang mempunyai PR (Page Rank) yang tinggi.

Search Engine seperti Google sangat menyukai Backlink yang berkualitas yang artinya Backlink dari situs authority atau situs yang dipercayai Google dan mempunyai PR yang tinggi seperti Wikipedia, Twitter, WordPress, dan lain-lain.

Oleh karenanya suatu situs akan di angkat posisinya oleh google jika mempunyai backlink dari situs authority tersebut, dan bahkan bisa menjadikan situs kita ranking tinggi dengan kata kunci yang di target jika mendapatkan backlink dari situs yang berPR tinggi.

Saya harap anda mengerti mengenai Pengertian Backlink tersebut, jika masih belum mengerti, saya berikan sedikit contoh, perhatikan gambar dibawah ini.

apa itu backlink

Bisa anda lihat pada gambar diatas bahwa link situs saya http://www.rudinazar.com mendapatkan backlink dari situs lain yang mempunyai PR 5, dan hal tersebut dapat menaikan posisi situs saya di search engine.

Sekarang saya yakin anda pasti sudah paham mengenai Backlink ๐Ÿ™‚

Perbedaan Backlink dengan Link Spam

Saya sedikit mempunyai pengalaman ketika belajar seo, waktu itu saya menulis di sebuah forum dengan judul “ribuan backlink melayang di forum ini”, dan ternyata banyak sekali yang Tidak Setuju dengan tulisan saya tersebut, karena link yang sangat banyak berasal dari forum dan tidak mempunyai PR, itu merupakan Link Spam BUKAN Backlink.

Sungguh pengalaman yang memalukan, tapi harus gimana lagi, namanya juga belajar pasti akan selalu menemukan kesalahan.

Dari pengalaman tersebutlah saya paham dan mengerti mengenai perbedaan antara Backlink dan Link Spam, perlu anda ketahui kembali yang namanya link spam tidak hanya berasal dari forum, tetapi yang lebih banyak itu berasal dari Blog Comment atau komentar orang di blog yang meninggalkan puluhan hingga ratusan link yang tidak berkualitas.

lihat gambar disini..

Bisa anda lihat pada gambar tersebut, puluhan hingga ratusan link spam yang melayang pada komentar di blog orang. Oleh karena itu juga saya sangat tidak suka komentar yang meninggalkan link spam di situs saya, dan jika saya menemukan hal seperti itu, maka komentar tersebut akan saya hapus tanpa ampun :D.

Yah… walalupun saya juga sering spam, tetapi saya spam link pada tempatnya :D, yaitu pada blog orang yang baik hati yang mengijinkan memasang banyak link pada blog mereka.

Sekian dulu posting kali ini semoga membantu dan bermanfaat, Komentar yang baik dan berbobot selalu saya tunggu, terimakasih ๐Ÿ™‚ dan jangan lupa untuk subscribe agar tidak ketinggalan info Teknik SEO dari rudinazar.com.

123 thoughts on “Apa Itu SEO? – Definisi dan Pengertian Untuk Belajar SEO Pemula yang Lengkap

  1. Sofi Yulia

    Terima kasih mas Nazar, saya sangat pemula disini … sangat menginspirasi, saya suka dengan dunia internet tapi tidak addict sosmed, itu alasan kenapa saya ingin mengikut jejak blogger yang sudah master, setidaknya dengan blog saya ingin berbagi yang lebih bermanfaat karena saya suka mempelajari segala hal, salam kenal mas nazar ada bolehnya mari kita duduk untuk saling berkomunikasi dan sharing mengenai banyak hal, mohon untuk di respon mas, terima kasih … Assalamualaikum …

    Reply
  2. dian

    Informasi yang sangat bermanfaat bagi saya gan soalnya ane masih newbie soal beginian

    Reply
  3. android popoler

    Dulu sewaktu pertama belajar blog, saya sering spam mencari backlink, karena belum terlalu paham, blog kesayangan saya terkena banned, pelajaran yg berhaga buat saya. Sangat menambah wawasan. terima kasih.

    Reply
  4. wizamrobb

    makaih ya gan udah nambah wawasan ane di dunia per SEO an ๐Ÿ˜€
    agak ribet sih emang tapi ini juga bisa dijadikan salah satu bisnis yang menjanjikan

    Reply
  5. abiodinson

    Info nya sangat bermanfaat gan apalagi buat para blogger pemula seperti saya.
    Kalo bisa boleh belajar langsung sama mas rudi saya mau banget nih supaya bisa jadi blogger profesional.

    Reply
  6. Steven

    saya kl mau daftar seo by yoast, gimana caranya? tolong step by step ya.
    thank you.

    Reply
  7. akhmad_sy

    Saya syaehu. Saya pemula di dunia blogging.
    Tulisan ini sangat membantu sekali saya dalam belajar blog.

    Terima kasih atas postingannya.

    Reply
  8. asep sadewa

    sangat membantu gan,,,, setelah membaca artikel ini saya baru sedikit ngerti apa itu SEO. tapi jujur aja gan kalo sampe prakteknya supaya posisi satu di pencarian saya blm peham caranya…??

    Reply
  9. risiandison

    mau nanya ne kalo kita kebanyakan pake outbound link apakah akan membuat rating situs kita turun?tks

    Reply
  10. iKurniawan

    Wah detail nih penjelasan tentang pengenalan SEO. Perlu belajar lebih banyak sepertinya ๐Ÿ˜€

    Reply
  11. jmjkt

    masih binggung…tp lumayan membantu infonya
    Mkasih iya….

    Reply
  12. sanam

    Bagipemula sperti saya,masih blum mengerti.tp ini sangat mmbantu saya untuk lebih mndalami internet.
    Saya tuggu artikeel selanjutnya ๐Ÿ™‚
    Semangat

    Reply
  13. el-hafidz

    masih kurang paham tentang seo kang.. masih pemula..
    tapi itu sudah menambah pengetahuan saya tentang seo..
    thankz ilmunya kang.. sangat bermanfaat..

    Reply
  14. Peluang Usaha Rumahan

    Waaaoounnn..panjang banget artikelnya…Trik dan pengertian SEO dijabarkan semua secara gamblang…terimakasih banget…artikel semacam ini sangat dibutuhkan oleh blogger2 pemula seperti saya.

    Reply
  15. Teguh Setiyawan

    Jika url kita ingin di no 1 kan oleh google. Syaratnya itu apa ?
    Apakan :
    1. Banyak keyword
    2. Banyak Visitor
    3. Banyak komentar, atau
    4. Dan lainnya

    Reply
  16. duduul

    Terimakasih mas, infonya sangat bermanfaat sekali, tapi mungkin saya penegen tau nih mas perbedaan tiap Headingnya.. kya (H1-H4)

    Reply
  17. Eko Purnomo

    SEO sangat berguna untuk meningkatkan pengunjung blog. Karena pengunjung dari mesin pencari itu tak terbatas jumlahnya. Beda sama pengunjung yang dihasilkan melalui facebook dan twitter misalnya

    Reply
  18. Arai

    Thanks atas ilmunya bang. Mudah-mudahan sebagai amal jariyah di sisi Allah.

    Reply
  19. Achfas Afandi

    Salam mas Rudi, sesuai intruksi tutorial diatas, saya telah menginstal plugin WP Seo By Yoast! yang ingin saya tanyakan, bagaimana cara mengatur: 1). Focus Keyword; 2). SEO Title; 3). Meta description, ketika hendak update/posting artikel.

    Yang membuat saya bingung, lampu indikator (exp. page analysis) berubah berwarna hijau, hanya ketika ketiga bagian (Focus Keyword, SEO Title, Meta description) di isi dengan kata kunci yang sama, padahal dalam artikel diatas harus berbeda. Thanks!!!

    Reply
  20. irek

    bang ane boleh minta ajarin gk?
    ketemuan gitu bang :'(

    Reply
    1. Rudi Nazar Post author

      bisa bang join disini rudinazar.com/ngopi-bareng/ nanti ada jadwal Ngopi Bareng ๐Ÿ™‚

      Reply
  21. Maulana

    mas nazar?
    gimana Caranya Agar Blog/Web Bisa terdekteksi Oleh Mesin Pencarian google?
    saya udah Nyoba tapi gagal terus??
    Mohon Bantuwanya! ๐Ÿ˜€

    Reply
    1. Rudi Nazar Post author

      ada di posting saya yang lain, coba buka semuanya nanti insyallah ketemu jawabannya ๐Ÿ™‚

      Reply
  22. Diah Rosita

    jadi klo misalkan di kolom komentar ini saya kasih url blog saya, dan teman2 yang lein seperti itu berarti web ini banyak spam-nya. begitu a bang? mohon pencerahan ya.

    Reply
  23. deavee

    akhirnya dapet penjelasan yang baik dan mudah untuk di mengerti, teri maksih mas..

    Reply
  24. karissa

    masih bingung mempelajari SEO ..
    tapi saya berusaha untuk terus belajar dan belajar

    Reply
  25. rony

    info yang sangat bermanfaat, thanks gan,,,,oh iya gan kalau liburan ke bali jangan lupa ya coba arum jeram, cari alamatnya di internet alam rafting. sekali lagi thanks gan

    Reply
  26. elank

    Keren abis mas.
    Makasih banyak mas atas kupas tuntas tntang SEO nya..
    Ane disini pemula mas, yang mungkin butuh banget panduan” yg brmanfaat buat ane..
    Meski bnyak yang blum ane ngerti(maklum ane pemula 0 besar)..
    Tapi untuk SEO nya ane dh mulai ngerti mas..
    Tengkyu bnget dh..

    Lanjutkan mas artikel lainnya
    Tentang yg brhubungan internet & segalanya yang ada di komputer or gadget..
    And klo bisa disertai gambar nya mas tntang penjelasan nama” yang mengandung arti..

    Sekali lagi makasih ya mas..
    Maaf klo ada salah kata or kalimat yg kurang.. Mklum 0 besar, hhihihi….

    Thanks mas..

    Reply
  27. Sultan Bumi

    Saya udah isi formulir untuk download video tutorial seo.. tapi saya tunggu email gk datang2 mas..

    Reply
    1. Rudi Nazar Post author

      silahkan periksa folder spam mas, atau coba lagi menggunakan email lain ๐Ÿ™‚

      Reply
  28. Melilea

    Wah dapat pelajaran ilmu seo lagi nih,,walaupun sudah puyeng belajar seo,,jadi numpang ikut baca-baca aja boleh ya mas Rudi.

    Reply
  29. Ave

    thanks infonya gan,ilmu ane jadi makin bertambah

    Reply
  30. Supiana Satria

    saya baru belajar blog om, saya akan coba pelajarin lagi dan maksih sungguh bermanfaat infonya.

    Reply
  31. Abimz

    Lagi ngisi waktu untuk belajar seo dan ternyata pas banget ketemu blog pakar seo. Jadi termotivasi untuk belajar lebih giat lagi, apalagi setelah saya cek, kebanykan artikel di blog ini berada di halaman ke-1 google. Salut :D.

    Salam kenal ๐Ÿ™‚

    Reply
  32. Muhammad Afif

    wah terimakasih nih om sebelumnya rasa penasaran saya tentang website” yg bisa berada di urutan paling atas di google udah terpecahkan , saya mulai tertarik sama seo om kalo boleh minta contactnya om dong pengen belajar nih om ๐Ÿ˜€

    Reply
  33. ibrahim lubis

    kita memang harus berusaha ya mas untuk belajar SEO, dan tepat rasanya jika saya belajar di sini. Salam hormat

    Reply
  34. Harry Hermanan

    informasi yg bermanfaat. Dibahas secara lengkap, bahkan mulai dari sejarahnya… Hehe, terima kasih atas infonya Bang ๐Ÿ˜€

    Reply
  35. Christian

    Krenn mas Nazar.. kini tau sdkit byk nya ttg SEO . Smoga situs saya jg bsa d Rank teraras sma sprti situs mas Nazar. Backlink kan situs ku dong mass.. visit balik jg ya mas yg baik hati ๐Ÿ˜€

    Reply
  36. Pingback: Mengoptimalkan On Page SEO Situs anda dengan 3 Langkah Sederhana

  37. Dwi Khasbullah Huda

    Mantab sekali ulasannya, sangat membantu sekali buat saya yang masih pemula, Terimakasih sudah sharing Ilmunya mastah, Jangan lupa link balik ya juragan, Terimakasih banyak Izin Copas dikit hehehe buat tambahan artikel saya.

    Reply
  38. Pingback: Tutorial Dasar WordPress |

  39. rusli

    Gan…pusing sudah ini pelajari SEO. Maklum gan, saya ne newbie yang selalu masih bingung tentang SEO. Gan, tolong kunjungi Blogku dan ngasih komentar apa yg kurang dan apa yg perlu diterapkan lagi..Danke gan. Bis bald…

    Reply
    1. Rudi Nazar Post author

      yang kurang title dan meta desc sitenya, kemudian artikel di optimasi lagi sebaik mungkin

      Reply
  40. rewind

    Akhirnya.. terima kasih gan ilmu SEO nya. saya seorang pemula yang selalu bingung tentang SEO, tapi 1 hal yang saya tahu : saya belum punya PR, hehe. Kalau menurut agan comment saya ini spam,saya rela di hapus,yang penting saya dapat ilmu baru dari sini. sayonara..

    Reply
  41. ronie ahmad

    wah wah, artikelnya menarik sekali. meskipun ada kesulitan untuk menerapkan nya, tapi mudah mudahan dengan membaca artikel ini terus menerus, Saya bisa lebih paham lagi mengenai SEO. thanks om buat ilmu nya. ๐Ÿ˜€

    Reply
  42. Pingback: SEO (Search Engine Optimization) | โ™ฅ Anisa Territory โ™ฅ

  43. Teguh Wicaksono

    Penjelasannya bagus, berguna sekali buat pemula seperti saya. Kebetulan pemahaman saya mengenai SEO sebelumnya sangat minim. Berkat postingan ini akhirnya saya jadi faham lebih banyak lagi mengenai SEO. ๐Ÿ˜€

    Reply
  44. afrodeka

    Berikut dasar yang harus diterapkan dalam on page seo :

    1. Title Tag
    2. Meta Description
    3. URL
    4. Heading (h1, h2, h3, h4)
    5. Image & Image ALt Tag
    6. Link to Site Authority

    pertanyaan saya:
    poin no 4 mohon dijelaskan, trus gimana cara menerapkan nya?
    mohon penjelasanya… maklum lagi belajar..

    Reply
    1. Rudi Nazar Post author

      kalau tidak salah sudah saya jelaskan di posting lainnya mas, dan sudah saya jelaskan dengan lengkap di e-seo.rudinazar.com

      Reply
  45. arisa

    wahh makasih artikel.nya sangat berguna ..

    saya di sni masih newbie .. semoga saja saya kelak dapat menjadi seperti anda ..:D

    Reply
  46. Yuviter Pradeska

    Terima kasih atas artikelnya sangat kreatif.
    menurut saya SEO sendiri adalah rahasia mesin pencari. namun yang saya ketahui untuk dasar SEO sendiri sangat berhubungan dengan kualita konten dan ON Page Blog atau website

    Reply
  47. theo

    thaks banget mas infonya,baru newbie di SEO
    ckck

    Reply
  48. Dafian

    Makasih mas atas penjelasan mendasar tentang SEO-nya. Saya lagi cari tambahan referensi buat pembelajaran SEO lebih dalam lagi. ๐Ÿ™‚

    Reply
  49. Bermain Flappy Bird (Free) di Pc atau Laptop

    maaf gan, ane masih newbie banget untuk masalah scripnya, tapi infnya sangat bermanfaat, jika boleh, share in meta tag yang jos dong untuk bloh agar seo,
    dan saya udah simak untukartikel tentang backlink sebelumnya, terimakasih banget… sudah ane coba, dan sukse, tq gan atas infonya… (y)

    Reply
  50. Pingback: Content is King, SEO it’s Must!? | Indah Julianti

    1. Rudi Nazar Post author

      tergantung mas, kalau tidak salah mengenai hal diatas sudah saya jelaskan di posting lainnya “Cara SEO Website”

      Reply
  51. blue1880

    Mas Rudi,
    saya mau tanya seo untuk video youtube.
    mengenai onpage seo :
    1. Title Tag : brp maks karakter tittle dan dimana bagusnya letak kw nya
    2. Meta Description : brp maks karakter tittle dan dimana bagusnya letak kw nya
    3. URL : apakah bisa url youtube diganti dengan kw kita
    4. Heading (h1, h2, h3, h4) : ini saya bingung meletakkan h2, h3, dan h4 dimana ya
    5. Image & Image ALt Tag : ini saya tidak mengerti sama sekali caranya di youtube
    6. Link to Site Authority : saya memasukkan link wikipedia yg berkaitan dgn kw yang saya bidik, tetapi dikatakan dofollow link, apakah akan mengurangi ranking youtube ga ya ?

    sekian dari saya,
    maaf banyak pertanyaannya. semoga mendapat pencerahan yang secerah2nya.. sebelumnya makasih mas..

    salam,
    blue1880

    Reply
    1. Rudi Nazar Post author

      mengenai hal tersebut semuanya sudah saya jelaskan dengan sangat lengkap di E-SEO.

      Reply
      1. Blog Orang

        Saya sekarang sedang mengumpulkan uang buat beli E-SEO tapi sebelumnya saya mau bertanya saya, sayakan pengguna blogspot nah disini saya lihat teknik seonya dari wordpress. Teknik seo blogspot dan wordpress beda gak gan?

        Reply
        1. Rudi Nazar Post author

          sama saja mas, kalau wordpress hanya lebih mudah di optimasi.

          Reply
  52. Bulnop

    Oh ya manggilnya Mas Rudi pa Mas Nazar?
    Mo nanya nich Mas, kalo buat blog baru bagusnya ngurus on page dulu pa off pagenya yang di duluin?

    Reply
    1. Rudi Nazar Post author

      kalau menurut saya lebih baik off page dulu mas ๐Ÿ™‚

      Reply
      1. lukay

        Om bgus bgtz… jd tau dh ( ยด โ–ฝ ` ) mฮฑkฮฑcรญhhhh…..

        Reply
  53. panji mbe

    nice info mas Rudi ๐Ÿ™‚ maklum saya pemula baru mau belajar seo… hehehe

    Reply
  54. Pingback: Cara membuat web dengan wordpress | Blog

  55. Muhamad Yusuf Ramdhan

    makasi om, ilmunya bermanfaat sekali. banyak diluar sana yang ngejelasin seo ribet ribet,tapi om bikin kita paham secara garis besar. thx

    salam @yusuf_ramdhan.

    Reply
  56. wahyu

    kalau yang dimaksud dengan caption di wp apa ya? dan bedanya dengan description apa?

    thx

    Reply
  57. Pingback: Setting : Pengaturan Umum WordPress - Tutorial Dasar WordPress

  58. Max Manroe

    Sampai sekarang masih banyak lho blogger yang melakukan link spam. Padahal di internet sudah banyak informasi yang membahas tentang SEO dan backlinks. Google pun sudah meng-update algoritma nya, link spam mudah terdeteksi dan berakibat buruk pada website. Mudah-mudahan makin banyak yang ngerti SEO mas setelah baca artikel ini ๐Ÿ™‚

    Reply
    1. Rudi Nazar Post author

      iya mas, amien.. ๐Ÿ˜€ terimakasih atas kunjungannya

      Reply
      1. Aries pader

        Membahas SEO memang tidak akan pernah ada selesai, sebab seacrh engine punya algoritma yang selalu terupdate.

        Reply
    2. Bams

      klo saya sendiri suka sama backlink yang sifatnya contextual, klo mau hemat ya buat web 2.0 aja seperti wordpress.com, blogger/blogspot, weebly, dan lain sebagainya…

      Reply
  59. Pingback: 5 Dasar On Page SEO Yang Wajib Diketahui Oleh Praktisi SEO Pemula | tomipurba [dot] net

  60. Saungku

    Membahas SEO memang tidak akan pernah ada selesai, sebab seacrh engine punya algoritma yang selalu terupdate. Tentu saja posting ini sangat bermanfaat untuk yang ingin tahu seluk beluk SEO sebagai bagian dasar sukses di internet. Bahkan ada bagian penting yang saya garis bawahi disini. Terima kasih telah berbagi mas Rudi, dan salam kenal.

    Reply
    1. Rudi Nazar Post author

      sip.. setuju dengan mas haryo, salam kenal juga ๐Ÿ™‚

      Reply
  61. Belajar Search Engine

    wah sangat bermanfaat sekali gan infonya.
    saya yakin bermanfaat juga buat orang-orang atau pengunjung yang sudah membacanya.
    thanks ya gan.
    update selalu dan semoga tambah sukses.
    mantap..!

    Reply
    1. Rudi Nazar Post author

      amin.. terimakasih atas kunjungannya ๐Ÿ™‚

      Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *